Elektronifikasi Transaksi Pemda Mampu Dorong Pertumbuhan Ekonomi Banten

64
Foto/gambar layar Ekbisbanten.com

SERANG, EKBISBANTEN.COM – Bank Indonesia (BI) meyakini sistem Elektronifikasi Transaksi Pemda (ETP) mampu mendorong pertumbuhan ekonomi daerah termasuk di Provinsi Banten.

Deputi Direktur Departemen Kebijakan Sistem Pembayaran BI Yosamartha mengatakan, dengan adanya ETP yang diterapkan oleh pemda memungkinkan Pendapatan Asli Daerah (PAD) akan meningkat karena transaksi dilakukan secara transparan.

“Sejak era pandemi, telah terjadi peningkatan transaksi digital sebesar 70 persen, hal ini perlu disiapkan dengan mengatur Sumber Daya Manusia (SDM) nya terlebih dahulu, supaya aliran transaksi digital mampu dioptimalkan sebagai sumber pendapatan yang baru,” ujar Yosamartha dalam webinar Tim Percepatan dan Perluasan Digitalisasi Daerah (TP2DD) yang digelar Kantor Perwakilan Bank Indonesia Provinsi Banten, Kamis (19/11).

Untuk diketahui, Bank Indoensia (BI) bersama Pemerintah Provinsi Banten Sepakat akan menerapakan sistem ETP pada bulan Januari 2021 mendatang. Hal ini dilakukan sebagai upaya Provinsi Banten menghadapi tranaformasi digital yang sudah meluas secara global.

“Yang perlu diperhatikan adalah konsistensi, regulasi, infrastruktur teknologi dan komitmen pemerintah dalam menggunakan ETP ini,” tutur Yosamartha.

Masih kaya Yosamartha berdasarkan Peraturan Pemerintah Nomor 12 tahun 2019 tentang pengelolaan keuangan daerah, Pasal 222 menerangkan tentang pemerintah daerah menerapkan sistem pemerintahan berbasis elektronik dan pengelolaan keuangan daerah.

“Alur ini akan terintegrasi langsung dari tingkat kabupaten/kota dengan pemerintah pusat,” tambah Yosamartha.

Sementara itu, Kepala BI Banten Erwin Soeriadimadja menyebut langkah ini menjadi penting karena akan berdampak pada pembangunan transaksi ekonomi pemerintah di daerah.

“BI Banten akan memastikan pengembangan ETP mampu terealisasi di semua kabupaten/kota Provinsi Banten,” jelas Erwin.

Memperkuat penggunaan ETP di Banten, Wakil Gubernur Banten Andika Harzumi mendukung penerapan ETP sebagai upaya perbaikan ekonomi di berbagai sektoril.

“Utamanya infrastruktur internet harus dibangun dengan baik khususnya wilayah Banten Selatan,” pungkas Andika.

Dalam agenda tersebut, turut hadir sebagai narasumber Kasubdit Transformasi Sistem Informasi Keuagan daerah Kementrian Keuangan Desky Wijaya, Analis Pajak dan Retribusi Daerah Kemetrian Dalam Negeri R An Andri Hikmat, serta Kepala Badan Perencanaan Pembangunan Daerah Provinsi Banten Muhtarom. (Raden)