Jumat, 21 Juni 2024
Search
Close this search box.
Search
Close this search box.

Dukung Pemerintah Terapkan Rekam Medis Elektronik, XL Axiata Bersama Alita Luncurkan Akses Sehat

Budi Man

| 10 Maret 2024

| 17:00 WIB

Chief Enterprise Business Officer XL Axiata, Feby Sallyanto (kanan) mencoba perangkat XL Axiata Akses Sehat di sela-sela acara peluncuran "XL Axiata Akses Sehat" yang digelar di Jakarta, pada Jumat (8/3) lalu. Foto: XL Axiata For Ekbisbanten.com.

JAKARTA, EKBISBANTEN.COM-PT XL Axiata melalui XL Axiata Business Solutions (XLABS) bekerja sama dengan Alita Praya Mitra (Alita), meluncurkan perangkat kesehatan berupa alat medis portabel, yakni XL Axiata Akses Sehat. 

Perangkat tersebut merupakan layanan konektivitas dan solusi pintar yang dapat melakukan Rekam Medis Elektronik (RME) di bidang kesehatan. 

Perangkat itu juga didukung oleh solusi pintar berbasis kecerdasan buatan dan IoT (AIoT) serta broadband connectivity dari XL Axiata. 

Perangkat ini dapat dimanfaatkan oleh fasilitas kesehatan di seluruh Indonesia seperti puskesmas, rumah sakit, apotik, bahkan juga bisa digunakan oleh perkantoran dalam upaya detaksi dini dan pencegahan penyakit.

Adapun XL Axiata meluncurkan perangkat medis tersebut karena  mendukung pemerintah untuk menerapkan RME. Sebagaimana diketahui, Kemenkes telah menerbitkan Peraturan Menteri Kesehatan (PMK) nomor 24 tahun 2022 tentang rekam medis. 

Melalui kebijakan tersebut, fasilitas layanan kesehatan diwajibkan menjalankan sistem pencatatan riwayat medis pasien secara elektronik yang terintegrasi dengan Platform “SatuSehat” Kemenkes. 

Peluncuran tersebut dilaksanakan secara seremonial oleh Chief Enterprise Business Officer XL Axiata Feby Sallyanto bersama Direktur Utama PT Alita Praya Mitra Teguh Prasetya di Jakarta, Jumat (8/3). 

“Solusi XL Axiata Akses Sehat yang kami tawarkan ini merupakan langkah nyata dalam mendukung program inklusi akses internet dan layanan kesehatan yang lebih baik,” kata Feby, dikutip Minggu (10/3/24). 

Sementara itu, Teguh Prasetya menekankan bahwa koneksi internet yang cepat dan stabil merupakan modal utama dalam pertumbuhan ekonomi digital. 

Penggunaan solusi kesehatan, lanjutnya, tidak hanya di rumah sakit, namun diperlukan di fasilitas kesehatan lain, seperti Puskesmas dan Posyandu sebagai garda terdepan tindakan pencegahan dan deteksi dini penyakit yang diperlukan oleh masyarakat. 

“Alita berkomitmen terus berkolaborasi menciptakan solusi yang dapat di akses oleh seluruh masyarakat Indonesia,” jelasnya. 

Untuk sistem kerja XL Axiata Akses Sehat, yakni sebagai berikut:

-XL Axiata Akses Sehat berisi perangkat yang dipakai untuk cek kesehatan pasien.

-Data yang diambil dari perangkat dikirim lewat bluetooth ke aplikasi petugas kesehatan.

-Data pengecekan kesehatan direkam oleh aplikasi dan dikirim ke cloud server melalui jaringan gigabit internet XLABS.

-Pasien secara langsung bisa melihat hasil rekam medis melalui aplikasi.

Kelebihan dan manfaat XL Axiata Akses Sehat:

1.Kemudahaan dalam pencatatan hasil cek kesehatan.

2.Terkoneksi dengan RME institusi Kesehatan.

3.Analisis resiko penyakit masyarakat.

Editor :Rizal Fauzi

Bagikan Artikel

Terpopuler_______

Scroll to Top