Dukung Desa Digital, XL Axiata Donasi Laptop ke Ponpes

22
Manajemen PT XL Axiata Tbk (XL Axiata) memberikan donasi ke Pondok Pesantren (Ponpes) Tahfidz Qur’an Al-Muqqodam yang terletak di  Karawang, Jawa Barat, Rabu (13/4/2022). (FOTO: ISTIMEWA).

EKBISBANTEN.COM – Manajemen PT XL Axiata Tbk (XL Axiata) memberikan donasi ke Pondok Pesantren (Ponpes) Tahfidz Qur’an Al-Muqqodam yang terletak di  Karawang, Jawa Barat, Rabu (13/4/2022).

Pemberian donasi tersebut dilakukan secara simbolis di Jakarta oleh Presiden Direktur & CEO XL Axiata, Dian Siswarini bersama Group Head XL Axiata Region Jabodetabek, Rd. Sofia Purbayanti dan Group Head Customer Value & Experience Management, Mohamed Moharram.

Adapun, donasi dilakukan dalam rangka Program Desa Digital guna mendorong digitalisasi, termasuk peningkatan literasi digital, di kalangan masyarakat desa. Hal itu diungkapkan oleh Group Head XL Axiata Region Jabodetabek, Rd. Sofia Purbayanti.

“Infrastruktur jaringan data 4G XL Axiata terus meluas di seluruh Indonesia, yang sebagian di antaranya juga menjangkau area pedesaan. Seiring dengan hal itu, kami  berharap bisa ikut mendorong peningkatan literasi digital masyarakat desa, termasuk juga mendukung digitalisasi di kalangan pondok pesantren,” ungkapnya.

“Saat ini XL Axiata menargetkan kalangan pesantren untuk menerima program peningkatan literasi digital agar bisa menjadi penggerak ekonomi digital di pedesaan,” sambung Sofia.

Lebih lanjut, Ia menuturkan pondok pesantren dan masyarakat perlu untuk menyesuaikan diri dengan digitalisasi yang semakin masif di berbagai bidang, termasuk di sektor ekonomi dan sosial, serta area layanan publik.

“Literasi digital yang terus meningkat akan sangat bermanfaat bagi masyarakat pedesaan, antara lain agar dapat memanfaatkannya guna meningkatkan produktifitas, serta akses ke layanan publik, seperti pendidikan, kesehatan, sosial,” ujarnya.

Sofia menjelaskan, donasi laptop dan sarana akses internet XL Axiata disalurkan ke berbagai komunitas masyarakat desa adalah bagian dari keseriusan pihaknya dalam menyiapkan masyarakat desa memasuki era digital. “Ini bentuk keseriusan kami, XL Axiata,” tambahnya.

Diketahui, selain laptop, XL Axiata juga memberikan router dan sarana akses internet gratis sebesar 20GB setiap bulannya selama satu tahun. Bahkan, mereka juga akan mendapatkan program lanjutan berupa pelatihan sejumlah keahlian digital, antara lain cara memanfaatkan media sosial untuk promosi produk, fotografi, serta membuat konten digital yang efektif.

Adapun secara nasional, XL Axiata juga telah menyalurkan donasi sebanyak lebih dari 50 unit laptop kepada belasan pondok pesantren di Jawa Barat, Jawa Tengah, Jawa Timur, Sumatera Selatan, Gorontalo, hingga Nusa Tenggara Barat.

Tidak berhenti sampai di sini, setelah Ramadan donasi laptop ke pesantren akan tetap dilanjutkan ke pesantren lainnya yang juga tersebar di pulau Sumatera, Jawa, Kalimantan, Nusa Tenggara Barat, hingga Sulawesi.*