Duh, Harga Cabai Rawit di Pasar Induk Rau Masih Rp140 Ribu per Kilogram

32
MELAMBUNG : Salah satu pedagang cabai rawit merah di Pasar Induk Rau, Kota Serang menunggu pelanggan datang Selasa (16/3). (FOTO: YOHANA RAMADHANTIE / EKBISBANTEN.COM)

SERANG, EKBISBANTEN.COM – Harga cabai rawit merah di Kota Serang masih mencapai ratusan ribu per kilogram (Kg).

Di Pasar Induk Rau, harga cabai rawit merah pada Selasa (16/3) masih bertahan diangka Rp140 ribu/kg atau stagnan seperti tiga hari sebelumnya, Sabtu (13/3).

Mansur, salah satu pedagang cabai di Pasar Induk Rau mengatakan, harga cabai rawit tidak sulit mengalami penurunan. Bahkan menjelang bulan puasa ini, cabai rawit masih merangkak naik.

“Kalau untuk cabe setan memang dari dulu gak turun harganya, malah sekarang mau puasa ini naik dari awalnya saya jual Rp100 ribu/kg sekarang bisa sampai Rp140 ribu/kg nya,” kata Mansur kepada Ekbisbanten.com.

Ia mengatakan, kenaikan ini dipicu, lantaran stok yang terbatas dan panen cabe rawit membutuhkan waktu cukup lama, sehingga menyebabkan harga cabai setan jelang puasa melambung tinggi.

“Makanya sekarang harganya lebih mahal,” katanya.

Mansur menambahkan, kendati harga cabai rawit kini meroket. Namun, untuk harga jenis cabai lainnya mengalamai penurunan harga hingga 40 persen.

Mulai dari cabai merah besar dari sebelumnya dijual Rp60 ribu/kg kini menjadi Rp40 ribu/kg, cabai ijo dari Rp25 ribu menjadi Rp20 ribh/kg, cabai rawit kecil dari Rp60 ribu menjadi Rp40 ribu, dan cabai rawit putih dari Rp60 ribu menjadi Rp35 ribu/kg. (yohana)

Editor: Ismatullah