DPRD Kota Serang Batalkan Penggusuran Pasar Karangantu

85
Ketua DPDR Kota Serang, Budi Rustandi ketika dimintai keterangan terkait pembatanan penggusuran pasar Karangantu. (raden/ekbisbanten.com)

SERANG, EKBISBANTEN.COM – Dinas Perindustrian, Perdagangan, Koperasi (Disperindagkop) Kota Serang melakukan sosialisasi ke dua terkait pemindahan Pasar Karangantu ke Kampung Jenggot, Margaluyu di Aula Pelabuhan Perikanan Nasional (PPN) Karangantu.

Ketua Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Kota Serang, Budi Rustandi yang datang di penghujung sosialisaisai menolak penggusuran pasar Karangantu karena dianggap merugian masyarakat Karangantu.

“Selain aksesnya yg lebih jauh, kami hawatir nantinya Ruang Terbuka Hijau (RTH) yang di bangun digunakan untuk pengedaran narkoba,” tegas Budi kepada awak media, Senin (17/2).

Sementara itu, Kepala Dinas Perindustrian, Perdagangan, Koperasi Usaha Kecil dan Menengah (Disperindagkop UKM), Yoyo Wicaksono mengungkapkan, pemindahan pasar ini merupakan program pemerintah pusat Kotaku “Kota Tanpa Kumuh” supaya lingkungan pasar Karangantu lebih tertata rapih.

“Dibagian Barat yaitu kawasan Banten Lama, sudah dilakukan perbaikan, hal ini juga merupakan langkah untuk membenahi pasar Karangantu di sebelah Timur,” ujar Yoyo dalam diskusi bersama pedagang Pasar Karangantu.

Kendati demikian, pedagang Pasar Karangantu banyak menuai kritik dan penolakan terhadap pemindahan lokasi Pasar.

Hal ini disampaikan Sekretaris Paguyuban Pedagang Ikan Pasar Karangantu, Herman Daeng Faruka mengunhkapkan, kegiatan sosialisasi ini tidak sesuai ekspetasi para pedagang. Dengan kedatangan DPRD Kota Serang, pihaknya merasa bersyukur karena pasar Karangantu tidak jadi digusur.

“Sudah dua kali sosialisasi ini dilaksanakan namun pembahasan masih mengarah kepada pemindahan lokasi, kami ucapkan terimaksih karena pasar tidak jadi digusur kepada DPRD Kota Serang,” tambah Daeng.

Pihak DPRD meninta kepada dinas terkait untuk menghentikan audiensi lagi kedepan, dikarenakan pasar Karangantu harus tetap ada.

“Kami tidak ingin ada dialog lagi kedepan, sebab kesejahteraan masyarakat Karangantu sebagian besar dari aktivitas pasar Karangantu,” pungkas Budi. (raden)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here