DPD REI Banten Resmikan Koperasi Konsumen Mitra Pengembang

162
Ketua DPD REI Banten Roni H. Adali (kanan) melakukan pemotongan tumpeng pada acara peresmian Koperasi Konsumen Mitra Pengembang Sejahtera di Kantor DPD REI Banten, yang berlokasi di Ruko Sukses 2 Blok FC 04, Jalan KH. Abdul Latief, Kelurahan Sumur Pecung, Kota Serang, Jumat (26/6).

SERANG, EKBISBANTEN – Dewan Pimpinan Daerah (DPD) Real Estate Indonesia (REI) Banten menggelar acara syukuran peresmian Koperasi Konsumen Mitra Pengembang Sejahtera di Kantor DPD REI Banten, yang berlokasi di Ruko Sukses 2 Blok FC 04, Jalan KH. Abdul Latief, Kelurahan Sumur Pecung, Kota Serang, Jumat (26/6).

Secara simbolis, peresmian koperasi ini ditandai dengan pemotongan tumpeng oleh Ketua DPD REI Banten Roni H. Adali dengan disaksikan para anggota DPD REI Banten.

Ketua DPD REI Banten Roni H. Adali mengatakan, dengan adanya koperasi tersebut pihaknya berharap, dapat membantu para pengembang, khususnya anggota REI Banten dalam memenuhi kebutuhan pasokan material yang lebih terjangkau.

“Peresmian ini adalah awal dari langkah-langkah kedepan (memajukan pasar properti) di Banten. Supaya koperasi ini terus bisa bergerak,” ujar Roni H. Adali saat menyampaikan sambutan pada peresmian syukuran peresmian Koperasi Konsumen Mitra Pengembang Sejahtera.

Roni mengatakan, selain untuk memfasilitasi anggota REI Banten dari segi pasokan material perumahan, keberadaan koperasi yang baru terbentuk ini lebih mempermudah mendapatkan pembiayaan dari lembaga perbankan.

“Fungsi dari koperasi ini adalah untuk mensejahterakan para anggota (pengembang) semua. Makanya nanti ada kolaborasi dengan pihak perbankan dan koperasi, termasuk kerjasama dengan pihak penyedia material,” terang Roni.

Bahkan lanjut Roni, sebagai bentuk komitmen dukungan kepada anggotanya, berbagai hal yang dibutuhkan pengembang bisa didapatkan di Koperasi Konsumen Mitra Pengembang Sejahtera.

“Koperasi ini untuk semua anggota REI Banten. Saat ini kita ada sekitar 400 anggota. Koperasi ini akan bermanfaat bagi mereka, seperti misalnya untuk harga material diluar dengan yang kami sediakan di koperasi akan berbeda atau lebih terjangkau. Sehingga temen-temen anggota bisa mengambil material di koperasi. Tentunya akan banyak kemudahan lagi, karena kita juga di support oleh BTN Syariah Serang,” katanya.

Apalagi tambah Roni, Koperasi Konsumen Mitra Pengembang Sejahtera dan BTN Syariah sudah melakukan perjanjian kerjasama untuk membantu para pengembang atau anggota REI Banten.

“Dan baru saja kita menandatangani MoU dengan BTN Syariah. Nanti dari BTN Syariah sendiri akan mendukung koperasi ini. Bagi pengembang yang akan mengambil kredit kontruksi dari BTN Syariah, mengarahkan untuk mengambil materialnya atau apapun yang dibutuhkan temen-temen pengembang dapat dipenuhi melalui koperasi,” jelas Roni.

Kepala BTN Syariah Cabang Serang mengatakan Arif Hartono mengatakan, dengan adanya kerjasama antara BTN Syariah dengan Koperasi Konsumen Mitra Pengembang Sejahtera REI Banten, diharapkan dapat memberikan dampak positif dalam penyediaan rumah berkualitas di Banten.

“Dengan adanya koperasi yang menyediakan material, ini adalah terobosan baru dan hal yang positif bagi para pengembang. Karena pencairan kredit yasa griya/kredit kontruksi (KYG) yang baru itu berdasarkan bon-bon (kwitansi) penjualan. Makanya ini perlu dikolaborasikan dengan koperasi,” paparnya.

Ketua Koperasi Konsumen Mitra Pengembang Sejahtera Endang Hendari berharap, keberadaan koperasi ini dapat bermanfaat para anggota REI Banten dan masyarakat secara luas.

“Selain untuk fokus untuk kesejahteraan kepada anggota, Koperasi Konsumen Mitra Pengembang Sejahtera ini bergerak pada bidang jasa dan penjualan kebutuhan material yang dibutuhkan oleh pengembang anggota REI Banten ataupun anggota koperasi. Karena (koperasi) ini bisa menyeluruh,” katanya (Raden)