Dorong Digitalisasi, BI Banten Luncurkan QRIS untuk UMKM

28
Foto bersama pimpinan BI Banten dalam agenda Peluncuran QRIS untuk UMKM. (Foto/BI Banten)

SERANG, EKBISBANTEN.COM – Kantor Perwakilan Bank Indonesia (KPw BI) Provinsi Banten meluncurkan Quick Response Code Indonesian Standard (QRIS) untuk Usaha Mikro Kecil Menengah (UMKM) dalam rangka menyambut perdagangan digitalisasi saat ini.

Kepala KPw BI Provinsi Banten Erwin Soeriadimadja menyampaikan, langkah ini dilakukan untuk menyiapkan UMKM Banten dalam menghadapi pasar ditengah pandemi Covid-19.

“UMKM punya dampak yang besar untuk memberikan ketahanan ekonomi saat pandemi, hal ini perlu di dorong supaya penjualan semakin meningkat,” kata Erwin dalam acara “Peluncuran QRIS untuk UMKM” secara virtual, Senin (14/9).

KPw BI Provinsi Banten mengundang empat UMKM yang berasal dari Kabupaten Lebak dan Kabupaten Serang dalam agenda tersebut, diantaranya pengerajin gerabah, batu fosil, bambu dan gitar.

“Sengaja kita sasar pengerajin kriya ini supaya menjadi contoh bagi UMKM lainnya juga,” jelas Erwin.

Sementara itu, Deputi Bidang Koordinasi Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Odo RM Manuhutu mengapresiasi KPw BI Provinsi Banten karena sudah mendorong UMKM untuk melakukan transformasi digital.

“Kami ucapkan terimakasih kepada BI Banten. Ini merupakan bagian dari target bapak presiden yang ingin penggunaan QRIS di Indonesia mencapai 2 juta pengguna di tahun 2020, saat ini hampir 1,97 juta UMKM sudah menggunakan QRIS atau sebanyak 94 persen,” papar Odo.

Masih kata Odo, penggunaan QRIS juga meminimalisir interaksi langsung antara pedagang dan pembeli, sehingga bisa mengurangi potensi penularan Covid-19.

“Tinggal scan dan tidak banyak bersentuhan, tentu sangat mudah dan menghindari penyebaran virus,” imbuhnya.

Ditempat berbeda, salah satu pengrajin gerabah asal Kabupaten Serang Suhaimi juga mendukung program dari BI Banten, selain memudahkan transaksi QRIS juga memberikan kenyamanan bertransaksi ditengah pesatnya permintaan terhadap produk gerabah.

“Dalam satu hari kita bisa menjual ribuan produk gerabah, dengan adanya QRIS untuk UMKM ini tentu akan meningkatkan penjualan lewat pemasaran yang luas serta menumbuhkan kepercayaan pembeli,” pungkas Suhaimi. (Raden)