Dompet Duafa Punya Menu Sehat Untuk Berbuka, Yuk Simak Ada Apa Saja

7
Foto/Dompet Duafa

TANGERANG, EKBISBANTEN.COM– Puasa dilihat dari pandangan Kesehatan sangat bermanfaat untuk tubuh kita, untuk membersihkan saluran cerna, memperbaiki sel sel tubuh yang rusak. Meningkatkan stamina tubuh.

Sahur dan Berbuka puasa adalah wajib dilakukan, saat sahur di akhirkan menjelang imsyak dan saat buka disegerakan Ketika sa’at nya tiba adzan maghrib, setelah kurang lebih 18 jam kita menahan nafsu, lapar dan dahaga dengan semata hanya mengharap ridho Allah SWT.

Nikmat sehat yang akan kita dapatkan saat berpuasa akan maksimal kita dapatkan jika kita bijak memilih menu makanan yang sehat terutama saat berbuka.

Nah ini ada tips dari Meyta Winduka Alexandria, Ahli Gizi Layanan Kesehatan Cuma-Cuma (LKC) Dompet Dhuafa, saat dihubungi melalui WhatsApp pada (Sabtu, 17/04/2021) Bagaimana cara memilih menu sehat saat berbuka? Ada beberapa syarat yang harus di perhatikan jika kita memilih menu sehat, apa saja itu?

Berbuka dengan yang manis, seperti sunnah rasul beliau berbuka dengan kurma, yang jika kita lihat kandungan nya sangat tinggi akan karbohidrat, serat dan mineral. Tiga zat gizi ini berperan penting saat kita berbuka, karbohidrat sebagai sumber energi dapat mengembalikan tenaga kita , serat fungsinya untuk mengatur lonjakan gula dalam darah. Mineral berfungsi untuk mengembalikan keseimbangan cairan dalam tubuh.

Ketika kita berbuka, bisa dimulai dengan memakan takjil, seperti air putih dan kurma, setelah itu kita jeda untuk melakukan sholat maghrib. Jeda ini juga berfungsi agar tubuh mencerna dulu makanan yang sudah masuk dan juga agar lambung tidak terlalu penuh. Kemudian setelah sholat maghrib barulah kita bisa makan makanan utama.

Selanjutnya menu utama, apa yang harus diperhatikan adalah adalah pola makan seimbang yakni terdiri dari karbohidrat, protein , lemak , vitamin dan mineral juga serat. Dan tentu saja makan dengan porsi yang cukup dan tidak berlebihan, berhentilah makan sebelum kenyang.

Contoh menu makanan seimbang misalnya, takjil, kurma, air putih / teh hangat, ahu isi sayuran menu utama, nasi capcay, ayam panggangtahu/tempe. Selingan malam bisa mengkonsumsi, buah /jus buahJangan lupa asupan cairan untuk tubuh berupa air putih harus tetap diperhatikan, 8 gelas (200ml) sehari dapat kita bagi di waktu sahur 4 gelas dan berbuka 4 gelas.

Selain asupan yang sehat, aktivitas jg harus dinperhatikan ya, karena dengan aktivitas, tubuh akan memecah cadangan gizi dalam tubuh untuk menjadi energi sehingga tubuh kita tetap berenergi selama puasa. Selamat berpuasa!. (*/Raden)