DKPP Kabupaten Serang Tanam 500 Ribu Bibit Mangrove di Pesisir Lontar

118
Foto/DKPP Kabupaten Serang

SERANG, EKBISBANTEN.COM – Dinas Kelautan dan Ketahanan Pangan (DKPP) Kabupaten Serang melakukan penanaman 500 ribu bibit tanaman mangrove di pesisir Desa Lontar, Kecamatan Pontang, Kabupaten Serang, Jumat (20/11).

Kepala Dinas KPP Kabupaten Serang Suhardjo mengatakan, penanamam bibit mangrove ini merupakan program dari Kementrian Kelautan dan Perikanan guna mencegah proses abrasi di wilayah pesisir Pontang dan Tirtayasa.

“Selain itu, program ini juga menjadi lapangan pekerjaan baru bagi masyarakat sekitar pesisir untuk merawat bibit hingga 5 tahun kedepan, dan mendapat pendanaan khusus,” kata Suharjdo kepada Ekbisbanten.com.

Dari 500 ribu bibit tersebut beberapa jenis bibit tanaman magrove yang ditanam diantaranya rhizophora dan avicenia.

“Banyak sekali manfaatnya selain mencegah abrasi, mangrove juga bisa menjaga ekosistem pesisir dan mampu menyaring sampah di laut,” tambah Suhardjo.

Masih kata Suhardjo, menjelang tutup tahun 2020, beberapa program DKPP mulai gencar dilaksakan, diantaranya program sosialisasi terkait pemanfaatan bahan pangan selain beras.

“Nantinya akan ada pelatihan untuk pembuatan olahan makanan seperti singkong, talas, jagung, dan melinjo supaya kandungan gizinya setara beras. Diharapkan agenda pelatihan ini juga mampu menciptakan inovasi produk olahan pangan selain beras,” pungkas Suhardjo. (Raden)