Distan Upayakan Porang di Kabupaten Serang Tersertifikasi

15
Gudang Porang di Kecamatan Mancak Kabupaten Serang. (Foto: Fitra/Ekbisbanten.com)

SERANG, EKBISBANTEN.COM – Dinas Pertanian (Distan) Kabupaten Serang mengajukan sertifikasi untuk porang yang tumbuh di Kabupaten Serang. Hal ini dilakukan agar benih porang yang ada di Kabupaten Serang dapat secara resmi memiliki label tersendiri.

Kepala Seksi Tanaman Pangan Distan Kabupaten Serang Anton Eka Prasetia mengatakan, saat ini tanaman porang di Indonesia yang sudah bersertifikat dan mempunyai label sendiri adalah tanaman porang yang ada di daerah Madiun.

“Kalo punya kita ini lolos berarti ada dua, Madiun dan Serang. Itu kita sedang menunggu hasilnya,” kata Anton saat ditemui Ekbisbanten.com di kantor Distan Kabupaten Serang, Selasa (31/8).

Masih kata Anton, terdapat tiga bagian yang diuji untuk mendapatkan sertifikasi porang yaitu spora, katak dan umbi porang Kabupaten Serang. Jika hasil uji ketiga bagian tersebut menunjukan bahwa porang Kabupaten Serang memiliki karakteristik tersendiri yang berbeda dengan porang dari daerah lain maka porang ini akan memiliki label dan sertifikasi sendiri.

Distan Kabupaten Serang juga melakukan pendampingan kepada para petani terkait budidaya porang yang baik dan benar sampai dengan cara memanennya. Tidak sampai disitu, Anton juga mengungkapkan bahwa Distan juga membantu dalam hal pemasaran porang yang dihasilkan para petani di Kabupaten Serang.

“Temen-temen di Mancak ini, karena sentranya di Mancak, kita coba bantu di sana dengan bantuan Unit Pengolah Hasil (UPH) porangnya. Nanti di situ ada gudangnya untuk menyimpan hasil panen, ada untuk pembersih porangnya, nanti juga ada alat perajangnya dan alat penjemur,” ujar Anton.

Bantuan berupa UPH oleh Distan ini bertujuan untuk meningkatkan nilai ekonomis porang Kabupaten Serang. Anton mengatakan, ditargetkan tahun ini UPH sudah selesai dibangun.

“Gudangnya sudah ada, alatnya sudah ada, tinggal pengeringnya saja,” ujar Anton. (Mg-Fitra)