Distan Pandeglang Diguyur Investasi Rp409 Miliar, Produksi Ras Ayam Daging Bertambah 600 ribu Ekor

37
Foto Ilustrasi. Dok/merdeka

PANDEGLANG, EKBISBANTEN.COM – Berdasarkan data dari Dinas Penanaman Modal dan Pelayanan Terpadu Satu Pintu (DPMPTSP) Pandeglang, Dinas Pertanian (Distan) Kabupaten Pandeglang tercatat diguyur dana investasi sebesar Rp409 pada triwulan III 2021 untuk sektor tanaman pangan, perkebunan dan peternakan.

Tercatat selama tahun 2021 ada empat peternakan baru di Kecamatan Cigeulis dan Cibaliung dengan tambahan kapasitas produksi hingga 600 ribu ekor ras ayam daging.

“Satu peternakan bisa memproduksi 150 ribu ekor ayam daging,” kata Kepala Bidang Peternakan Distan Pandeglang Dyah Lukitaningsih kepada Ekbisbanten.com, Rabu (15/12).

Baca Juga: BPS Pandeglang: Sektor Pertanian Hambat Laju Kemiskinan

Ia melanjutkan, pembangunan peternakan di wilayah tersebut saat ini masih dalam proses pemerataan lahan, dan pembangunan kandang.

“Nantinya, dalam setahun para peternak ini bisa melakukan panen sebanyak lima sampai enam kali panen, tergantung perusahaan tersebut,” imbuh Dyah.

Selain itu kata Dyah, faktor lain yang membuat para investor peternakan memilih pandeglang sebagai lahan, yakni karena ada kebijakan pemerintah Kota Serang yang akan melarang pembangunan kawasan peternakan diwilay tersebut.

“Di Kota Serang sudah tidak diperbolehkan lagi ada lahan peternakan, jadi Pandeglang dan Lebak menjadi pilihan bagi para investor. Kalau ada investor yang mengajukan peternakan ya kita melakulan analisa terhadap usaha yang akan dibangun baik survei lokasi maupun kesehatan hewan,” ujar Dyah.

Hal tersebut disambut baik oleh pemerintah karena sektor perternakan bisa memberikan kontribusi terhadap PAD serta lapangan pekerjaan masyarakat.

“Bupati sendiri memberi arahan untuk membuka lahan investasi disini, karena di Serang nanti akan ditutup, karena melihat peluang disini lahan ada perizinan ada dan peluang usaha buat masyarakat juga,” tutup Dyah. **