Distan Pandeglang Apresiasi Gapoktan Taruna Mekar di Jiput

38
Kepala Distan Kabupaten Pandeglang Budi S Januardi saat diwawancarai awak media. (Raden/Ekbisbanten.com)

PANDEGLANG, EKBISBANTEN.COM – Dinas Pertanian (Distan) Kabupaten Pandeglang mengapresiasi gabugan kelompok tani (Gapoktan) Taruna Mekar yang berhasil menjadi juara ke-3 tingkat nasional dalam ajang Subsektor Holtikultura Program Pengendalian Inflasi Bank Indonesia 2020.

Kepala Distan Kabupaten Pandeglang Budi S Januardi mengatakan, dengan adanya capaian tersebut semakin memperkuat bahwa Kabupaten Pandeglang merupakan wilayah yang mampu memberikan kontribusi pangan yang sangat baik.

“Dengan support dari Bank Indonesia (BI) provinsi Banten, kita bisa meningkatkan pendapatan petani khusunya komoditas cabai,” kata Budi kepada awak media di Desa Pamarayan, Kecamatan Jiput, Jumat (8/1).

Dikatakan Budi, cabai merupakan komoditas utama di Kabupaten Pandeglang. Bahkan sudah bisa mengekspor cabai keluar daerah sebanyak 30 persen.

“Dari data setiap kecamatan kita punya 120 hektar lahan pertanian cabai dan punya hasil produksi sebanyak 8-12 ton cabai per hektatnya dalam satu tahun,” terang Budi.

Pihaknya berharap dengan kolaborasi yang semakin kuat bersama BI dan lembaga lainya, diharapkan bisa memberikan motivasi bagi petani lain untuk mengembangkan komoditasnya masing-masing.

“Kita harus bangun sinergi dan berkolaborasi supaya seluruh aspek pertanian bisa dilakukan dengan optimal,” pungkas Budi. (Raden)