Distan Kabupaten Pandeglang Gelar Bimtek Bagi Penerima Hibah Domba dan Kerbau

69
Foto: Pemkab Pandeglang

PANDEGLANG, EKBISBANTEN.COM – Dinas Pertanian (Distan) Kabupaten Pandeglang melaksanakan Bimbingan Teknis (Bimtek) bagi Kelompok Tani (Poktan) yang menerima bantuan hibah berupa domba dan kerbau.

Kepala Dinas Pertanian Budi S Januardi mengatakan, hibah hewan ternak kerbau sebanyak 18 ekor untuk 6 Poktan, sedangkan hibah domba 108 ekor untuk 18 Poktan.

“Tujuan nya ketersediaan bibit dan pengembang biakan, penerima hibah kerbau diantaranya poktan Do’a Ibu Desa Umbulan Kecamatan Cikesik, dan Poktan Sukacai Kelurahan Cigadung Kecamatan Karangtanjung,” jelasnya di Aula Dinas Pertanian, Selasa (22/12/2020).

“Sedangkan untuk penerima hibah domba diantaranya Poktan Bangun Tani II Desa Umbulan Kecamatan Cikeusik , dan Poktan Karyanyata Desa Pagelaran Kecamatan Pagelaran,” sambung Budi.

Budi meminta kepada poktan penerima hibah ini membuat laporan (report) setiap dua minggu sekali, dengan begitu kata dia, perkembangan hewan ternak yang dipeliharanya dapat dikontrol dengan baik.

“Harus ada laporan baik bertambah atau kematian sehingga perkembangannya bisa kita kontrol. Laporan ini juga ditempel disetiap kandang,” ujarnya.

Ia juga menyampaikan jika kegiatan ini awalnya akan dilaksanakan pada awal tahun, lantaran adanya wabah covid 19 baru dapat dilaksanakan saat ini.

“Tadinya kita menunggu Covid ini selesai, namun kenyataannya hingga saat ini masih berlangsung, untuk itu kegiatan ini baru dapat kita laksanakan saat ini,” pungkasnya.

Menurut Sekretaris Daerah Kabupaten Pandeglang Pery Hasanudin program pemberian hibah ternak bukan hal yang baru, oleh sebab itu para Kelompok Tani (Poktan) penerima hibah diberikan bimbingan teknis agar dalam pengembang biakannya optimal.

“Hasil yang didapat pada bimtek ini bisa diterapkan oleh poktan dalam pengembang biakan hewan ternak, dengan begitu ada hasil yang dicapai,” demikian dikatakan Pery Hasanudin.

Dikatakan Pery, dirinya meyakini poktan penerima hibah ini sudah memiliki kemampuan didalam mengelola hewan ternak, tapi kata dia, jangan hanya puas dengan apa yang dimiliki karena pengembang biakan ternak butuh kemampuan yang lebih.

“Yang hadir disini nanti bisa berbagi ilmu dengan poktan lainnya yang menggeluti bidang yang sama,” tutup Pery. (*/Raden)