Disperindag Banten Siap Bantu UMKM Terdaftar di Laman Bela Pengadaan Barang dan Jasa

35
Kepala Bidang Perindustrian, Dinas Perindustrian dan Perdagangan Provinsi Banten Rudiansyah Thoib saat menghadiri media brifing persiapan KKB 2022 pada 20-22 Mei 2022 di Summorecon Mall Serpong. (FOTO/RADEN/EKBISBANTEN.COM)

SERANG, EKBISBANTEN.COM – Dinas Perdagangan dan Perindustrian (Disperindag) Provinsi Banten optimistis gelaran Karya Kreatif Banten (KKB) 2022 yang diadakan Bank Indonesia (BI) akan mempercepat palaku UMKM dan koperasi masuk sebagai peserta lelang pengadaan barang dan jasa (PJB) di Banten.

Hal itu diungkapkan Kepala Bidang Perindustrian, Dinas Perindustrian dan Perdagangan Provinsi Banten Rudiansyah Thoib saat menghadiri media briefing KKB 2022 BI Banten di salah satu kafe di Kota Serang, Rabu (18/05/2022).

Seperti diketahui, dengan hadirnya Undang-Undang Nomor 11 Tahun 2020 tentang Cipta Kerja, 40 persen anggaran PJB yang digelar pemerintah daerah harus dialokasikan kepada pelaku UMKM.

“Saya yakin kalau tidak dilaksanakan (KKB 2022) kaitannya dengan bela pengadaan tidak akan tercapai. Karena sistem pembayaran ini harus siap masuk ke QRIS nya, dan itu akan difasilitasi oleh BI,” kata Rudi, Rabu (18/5).

Kata dia, kegiatan KKB dapat menjadi salah satu bisnis matching yang diharapkan bisa meningkatkan kualitas UMKM.

Selain itu, dengan terselenggaranya KKB 2022 ini, bisa dioptimalkan oleh perangkat pemerintah dalam menunjang aktivitas kerja.

“Paling tidak dari KKB ini bisa kita optimalkan, untuk belanja UMKM untuk bela pengadaan baik dari makanan, minuman, ATK dan lain sebagainya bisa langsung dipilih,” terang Rudi.

Masih kata Rudi, bagi UMKM yang tidak bisa terlibat secara langsung, pemerintah sudah menyiapkan katalog lokal plazabanten.com, yang sudah bekerjasama dengan Layanan Pengadaan Secara Elektronik (LPSE) dan Biro Barang dan Jasa.

“Kita sudah sediakan bisnis matching, bagi UKMM yang tidak bisa berpartisipasi langsung. Kita sudah kerjasamakan bersama LPSE dan biro barang dan jasa untuk dimasukan ke bela pengadaan Provinsi Banten, dan industri besar masuk ke katalog lokal,” imbuh Rudi.

Sebagai informask, Karya Kreatif Banten (KKB) tahun 2022 pada tanggal 20-22 Mei 2022 di Summarecon Mall Serpong (SMS).

Sementara itu, Kepala BI Kantor Perwakilan Banten, Imaduddin Sahabat menyampaiakan, sebanyak 80 UMKM dengan produk premium di bidang kriya, fashion dan kuliner akan memeriahkan gelaran KKB 2022. BI juga melibatkan marketplace sepert bazarbanten.com, blibli.com, bukalapak.com, lazada, dan tokopedia.

“Kalau kita bicara UMKM premium, harga prodaknya itu lebih tinggi, ada satu UMKM yang bisa mencapai Rp2,5 miliar untuk satu produknya. Harapan kita, Banten untuk mencari UMKM unggulan dan menjadi bintang di Karya Kreatif Indonesia (KKI),” ujar Imad.

Selain itu, kata Imaduddin, dalam agenda KKB yang digelar selama tiga hari itu juga, BI akan coba untuk memecahkan rekor muri dengan membuat makanan tradisional Jojorong yang paling tinggi dan besar.

“Nanti juga, akan ada penampilan fashion show dari para pimpinan dari kabupaten/kota dalam agenda tersebut,” tutup Imadiddin. ***