Disperindag Banten Pastikan Stok Pangan Aman

4
Kepala Disperindag Banten, Babar. (FOTO: BUDIMAN/EKBISBANTEN.COM).

EKBISBANTEN.COM – Dinas Perindustrian dan Perdagangan (Disperindag) Provinsi Banten memastikan ketersediaan stok pangan khususnya beras aman.

Kepala Disperindag Banten, Babar mengatakan akan berkoordinasi dengan Bulog dan instansi terkait untuk mengamankan stok beras khususnya medium.

”Stabilisasi pasokan dan harga pangan (SPHP), sebetulnya yang distabilkan harga dan pasokan,kami akan berkoordinasi dengan Badan usaha Logistik (Bulog) pihak yang menguasai stoknya, supaya menggelontor pasar-pasar khususnya beras medium pasar di Banten juga Dinas Ketahanan Pangan dan Disperindag Kabupaten atau Kota,” ucapnya, Selasa (24/1)

”Kita sedang telaah yang jelas gelontor akan diperbanyak,” tambahnya

Untuk beras medium, Babar menjelaskan skema okupansi yang dinilai akan memperbanyak stok di pasar daerah.

“Ada skema okupansi dari Bulog sendiri, Badan Usaha Milik Daerah (BUMD) dan dihimbau kelompok tani menjual gabah nya ke penggilingan lokal yang selama ini memproduksi beras medium,” ungkapnya.

Sementara itu gilingan lokal itu banyak menampung beras lokal itu beras medium di pasar bisa masuk banyak, dan itu yang mengendalikan harga.

Sedangkan untuk waktu Panen raya, Babar mengungkapkan sekitar bulan Februari -Maret.

”Tadi ngobrol dengan Dinas Pertanian mungkin di sekitar Februari-Maret, mudah-mudahan kalau sudah masuk ramadhan kita sudah mulai panen raya,” jelasnya.

Sedangkan untuk cabe sendiri, ia mengakui stok dalam pasar daerah tingkat Provinsi tidak mencukupi.

”Cabe stok dalam provinsi kalau pun panen tidak akan mencukupi jadi harus tetap mendatang kan dari luar Banten,” imbuhnya

Ia juga menambahkan jika cabe lokal di sekitaran Pandeglang, Lebak jika luar daerah sudah menghubungi wilayah Majalengka, Garut dan Cianjur, selain cabai dan bawang merah.

Untuk harganya sendiri, cabe dibawah Rp30.000 kisaran Rp22.000 sampai Rp23.000.

“Cabe itu ada 50-60 kalau normal dibawah 30 sekitar 22-23 ribu,” pungkasnya.***