Disnakertrans Kabupaten Serang Bentuk BKK Serap 90 Persen Tenaga Kerja SMA

11

SERANG, EKBISBANTEN.COM – Dinas Ketenagakerjaan dan Transmigrasi (Disnakertrans) Kabupaten Serang berhasil menyerap 90 persen angkatan kerja selama tahun 2020, hal ini dilakukan dengan cara membentuk Bursa Kerja Khusus (BKK) yang ditempatkan di setiap sekolah menengah atas (SMA) atau sederajat.

Kepala Bidang Pembinaan Penempatan Tenaga Kerja dan Perluasan Kesempatan Kerja (Binapenta) Disnakertrans Kabupaten Serang Ugun Gurmilang mengatakan, melalui BKK ini akan ada kerjasama antara industri yang ada di Kabupaten Serang dengan sekolah SMA/sederajat.

“Terhitung saat ini ada 70 BKK yang tersebar dan efektif meningkatkan penyerapan tenaga kerja lulusan tahun 2020,” kata Ugun saat ditemui Ekbisbanten di Kantornya, Jumat (20/11).

Ugun menyebut selama 9 tahun berturut-turut, Kabupaten Serang selalu berada di peringkat bawah dengan jumlah pengangguran terbanyak.

“Sekarang, kita berada di posisi ke 6 dari 8 kabupaten/kota se Provinsi Banten,” ujar Ugun.

Menurut data dari Disnakertrans Kabupaten Serang saat ini ada 85.540 orang yang menganggur atau menyumbang sebesar 12,22 persen dari jumlah penggangguran di Provinsi Banten.

“Ini merupakan dampak Covid-19, pada tahun 2019 angka penggangguran di Kabupaten Serang sebsar 10,65 persen,” tambahnya.

Masih kata Ugun, dalam proses penerimaan pekerja di dalam industri, Disnaker juga memberlakukan pendaftaran kerja melalui kanal digital, yakni melalui laman website Disnakertrans Kabupaten Serang.

“Ini upaya mengurangi para calo (pungli) yang marak di dunia industri, meskipun itu sudah pasti ada, jika ada perusahaan yang bersedia membuka lowonga kerja kami selalu upayakan informasi itu sampai kepada masyarakat,” pungkas Ugun. (Raden)