Sabtu, 20 Juli 2024
Search
Close this search box.
Search
Close this search box.

Dinkes Banten Ungkap Kesiapan Posko Kesehatan Jelang Mudik Lebaran

and

| 11 April 2023

| 13:46 WIB

Kepala Dinas Kesehatan Provinsi Banten Ati Pramudji Hastuti usai rapat persiapan mudik lebaran di Pendopo Gubernur, Senin (10/4/2023). Foto : Budiman/Ekbisbanten.com

SERANG, EKBISBANTEN.COM – Kepala Dinas Kesehatan Provinsi Banten Ati Pramudji Hastuti, mengungkapkan kesiapan posko kesehatan menjelang mudik lebaran tahun 2023 ini.

“Posko kesehatan kita gabungan,” ungkap Ati usai rapat persiapan mudik lebaran di Pendopo Gubernur Banten, Senin (10/4/2023).

Ati mengatakan, untuk posko kesehatan bagi pemudik, kendalinya diserahkan pada masing-masing Dinas Kesehatan Kabupaten dan Kota di Provinsi Banten.

“Posko utama seluruh puskesmas, semua mengeluarkan posko utama dipuskesmas masing-masing 24 jam,” katanya.

Sedangkan untuk posko kesehatan tambahan, ia belum mengetahui jumlah pastinya, karena hal itu perlu rapat bersama Polda Metro Jaya dan Polda Banten.

“Di beberapa titik ini kita belum tau pastinya, posko tambahan pastinya nanti. Mudah-mudahan minggu ini pasti,” kata Ati.

Ati melanjutkan, dirinya akan mengutamakan pendirian posko kesehatan pada terminal dan pelabuhan yang akan dilalui pemudik. Seperti pelabuhan Merak dan Ciwandan.

Tak hanya posko kesehatan, Ati juga akan mengerahkan sembilan ambulan yang siap siaga untuk antisipasi bagi para pemudik yang mengalami kecelakaan.

“Untuk keadaan darurat kalau kecelakaan kita bawa ke RS, ada 127 kita aktifkan gitu,” imbuhnya,

Soal kesehatan, dia menuturkan, tak hanya bagi para pemudik. Ati berencana dalam waktu dekat akan memeriksa para supir bus guna memastikan kelancaran mudik kali ini.

“Pengemudi harus safety dan sehat, rencana akan diperiksa kesehatan di pendopo Senin nanti,” paparnya.

Terkahir, dia menghimbau bagi para pemudik untuk menyiapkan obat-obatan pribadi walaupun di posko kesehatan tersedia berbagai macam obat.

“Bawa obat-obatan yang diperlukan, bawa obat pribadi kalau punya penyakit herediter, ” tandasnya.

Editor :Rizal Fauzi

Bagikan Artikel

Terpopuler_______

Scroll to Top