Dinas Pendidikan Kabupaten Pandeglang Gelar ANBK Untuk SD

24
Dok/ Dinas Pendidikan Kabupaten Pandeglang

PANDEGLANG, EKBISBANTEN.COM – Dinas Pendidikan (Dindik) Kabupaten Pandeglang mulai Senin (15/11), menggelar Asesmen Nasional Berbasis Komputer (ANBK) Sekolah Dasar (SD) secara sêrentak. Hal itu disampikan Sekretaris Dindik Kabupaten Pandeglang, Sutoto kepada media.

Menurut Sutoto, untuk sampel SDN Sukawaris 1 Kecamatan Cikeusik berhasil login mengikuti ANBK yang berjan aman dan lancar dengan tetap mengutamakan protokol kesehatan (Prokes) Covid-19 disemua sekolah.

“Alhamdulillah hingga saat ini kegiatan ANBK SD dari pantauan kita di lapangan semua berjalan dengan baik,” ungkap Sutoto.

Dalam kegiatan ANBK kata Sutoto, dalam kondisi saat ịni cuaca hujan para siswa tetap semangat untuk mengikuti ANBK tersebut.
“Seperti para siswa SDN Majau 2 Kecamatan Saketi meskipun diguyur hujan tetap semangat mengikuti ANBK di sekolahnya,” katanya.

Secara keseluruhan, lanjut Sekdin Sutoto bahwa pelaksanaan ANBK mesti ada kendala lambat login dibeberapa sekolah, tetapi hal itu bisa diatasi.
“Kita berharap pelaksanaan ANBK dengan metode offline maupun online berjalan lancar,” harapnya.

Ditambahkannya, hasil ANBK ini akan dijadikan data pemetaan mutu pendidikan di Kabupaten Pandeglang tahun 2021, dan selanjutnya dapat dijadikan baseline perencanaan pengembangan kurikulum 2022 dalam situasi pandemi maupun kondisi normal.

Dari pantuan dilapangan pelaksanaan ANBK khususnya di wilayah pêrkotaan berjalan dèngan baik meskipun ada beberapa kendala teknis dalam ANBK sistem online. Seluruh sekolah mẻnerapkan prokes secara ketat. Begitu pula pelaksanaan ANBK di wilayah Pandeglang Selatan dari informasi Sekdin Pandeglang berjalan lancar.

“Pelaksanaan ANBK masih dalam situasi pandemi Covid-19 di Kabupaten Pandeglang berjalan lancar, meski kondisi hujan pun para siswa tetap semangat,” pungkasnya. **