Didukung Astra, Warga Cikuasa Sulap Tambang Bekas Galian Jadi Tempat Wisata

36
Warga desa Cikuasa berada di lokasi situ watu genteng yang punya pemandangan alam indah. Foto/Raden/Ekbisbanten.com

CILEGON, EKBISBANTEN.COM – Group Astra Banten terus berupaya mendukung warga Cikuasa, Kelurahan Gerem, Kota Cilegon, untuk mengembangkan potensi wilayah melalui program corporate social responsibility (CSR) Astra.

Lurah Gelam Deny Yuliandi mengatakan, salah satu upaya untuk memaksimalkan dukungan dari Astra diantarannya, pemanfaatan lahan bekas galian tambang yang terbengkalai sejak tahun 2000 di area desa menjadi area wisata air.

“Daripada lahan ini menjadi tempat yang tidak terawat, dan menjadi bahaya juga bagi masyarakat, akhirnya masyarakat punya ide untuk membangun wisata di situ Watu Banteng,” kata Deny kepada Ekbisbanten.com, Kamis (2/9).

Selain itu kata Deny, pihaknya juga akan mengajak seluruh perusahaan industri dikawasan Kelurahan Gerem untuk rutin mengunjungi tempat wisata yang dibangun tersebut.

“Ada 20 industri, kalau tiap bulan kesini minimal untuk makan siang saja, pasti bisa membedayakan UMKM di desa Cikuasa ini,” imbuhnya.

Pihaknya juga berharap, dari donasi yang akan disalurkan Astra nanti, warga Cikuasa ingin alat berupa kebutuhan untuk memberikan nilai tambah di wisata baru tersebut.

“Seperti hiasan dari bambu, atau sarana keselamatan wahana juga bisa,” jelasnya.

Sementara itu, Korwil Astra Banten Rizal Hartanto mendukung penuh program pemberdaayaan tersebut, guna memberikan daya dongkrak ekonomi terhadap UMKM masyarakat.

“Melihat potensi Kampung Berseri Astra Cikuasa ini, kami menilai ini cukup positif, dalam mendukung pembangunan Banten khususnya lingkungan Cikuasa,” ujar Rizal.

“Sehingga, dimulai dari Cikuasa ini, bisa mendorong peningkatan ekonomi desa, Kota Cilegon, dan pada akhirnya Provinsi Banten, tutup Rizal. (Raden)