Didaulat Jadi Pemateri Kemah Kebangsaan, Dandim 0602/Serang Ajak Peserta Tingkatkan Nasionalisme

48

KOTA SERANG, EKBISBANTEN.COM – Komandan Kodim (Dandim) 0602/Serang, Letkol Arm Fajar Catur Prasetyo didaulat untuk memberikan materi Wawasan Kebangsaan dalam kegiatan Kemah Kebangsaan yang diinisiasi oleh Kesbangpol Provinsi Banten, Kamis (24/11/2022) bertempat di Outbound Tembong Adventure.

Adapun kegiatan tersebut pertama kalinya dihadiri langsung oleh Dandim. Pada tahun sebelumnya, Pasiter Kodim 0602/Serang yang berkesempatan untuk menjadi pemateri.

“Saya mendapatkan laporan bahwa ini pertama kalinya kegiatan kemah kebangsaan dihadiri oleh Dandim. Terus terang saya antusias untuk sharing bersama semua peserta yang terdiri dari berbagai kalangan baik pelajar, mahasiswa hingga perwakilan Ormas di sini,” ungkapnya.

Dalam pemaparannya, Letkol Arm Fajar Catur menyampaikan mengenai peran strategis TNI dalam mewujudkan Indonesia tangguh, lingkup kondisi global, kondisi nasional serta peran pemuda menghadapi kondisi pada saat ini dan akan datang.

“Kita ketahui bersama, menaikan harga energi dan bahan pangan berdampak tidak hanya pada krisis ekonomi, tetapi juga krisis politik di negara berkembang. Inflasi menjadi tantangan terbesar bagi negara berkembang,” katanya.

Dandim 0602/Serang, Letkol Arm Fajar Catur Prasetyo. (FOTO: PENDIM).

Dikatakan oleh Dandim 0602/Serang, saat ini jumlah penduduk dunia terus bertambah. Berdasarkan data World Population Prospects, Letkol Arm Fajar Catur menyebut penduduk dunia sudah mencapai 8 miliar pada tahun 2022.

Sementara itu kondisi alam banyak yang rusak diperparah dengan adanya polusi udara, polusi di laut, sungai dan danau.

“Kekayaan alam Indonesia suatu saat akan membuat iri negara-negara di dunia, kaya sumber daya alam justru dapat menjadi petaka buat kita jika tidak kita antisipasi, untuk itu kita harus terus waspada menyikapi segala ancaman, tantangan, hambatan dan gangguan terhadap bangsa dan negara Indonesia,” ujarnya.

Ia kemudian mengajak para peserta untuk meningkatkan nasionalisme dengan cara menanamkan kebanggaan terhadap bangsa Indonesia sebagai cara berpikir, berperilaku, dan bersikap yang menunjukkan loyalitas dan perhatian yang tinggi terhadap bahasa, masyarakat, budaya, ekonomi, dan politik Indonesia.

Menurut Letkol Arm Fajar Catur, Pancasila harus senantiasa diamalkan untuk menjaga persatuan dan kesatuan bangsa karena seperti yang dikatakan Presiden pertama Indonesia, “Perjuanganku akan lebih mudah mengusir panjajah, perjuanganmu akan lebih sulit karena melawan bangsamu sendiri”.

“Pada intinya kita ini harus bersatu, untuk membangun negara Indonesia ini lebih maju, minoritas digabung dengan mayoritas akan menjadi solidaritas, adik-adik yang di depan saya ini suatu saat akan menjadi pemimpin dan penerus perjuangan bangsa bisa lebih maju dari saat ini,” pungkasnya.

Turut hadir dalam kegiatan tersebut, Ketua Komisi I DPRD Provinsi Banten Jajuli Abdillah, Kaur Komsos Kodim 0602/Srg Kapten Inf Silvanus Elvis, Danramil 0602-05/Cpj Lettu Caj (K) Susanti Martalia dan Babinsa Kelurahan Tembong Serma Ocim.*