Kuliner Rendang Mak Tuo Tetap Cuan Meski di Tengah Pandemi

9
Dok/ Telkom

JAKARTA, EKBISBANTEN.COM – Pandemi Covid-19 di Indonesia sudah berlangsung lebih dari satu tahun. Berbagai dampak dirasakan oleh semua orang di berbagai sektor, terutama sektor ekonomi yang membuat para pengusaha harus berpikir keras menghadapi kondisi new normal seperti sekarang ini.

Ternyata tidak semua pengusaha terdampak pandemi, salah satunya Sukiatno pendiri sekaligus pemilik UMKM Rendang Kemasan dengan merek dagang Mak Tuo.

“Alhamdulillah, selama pandemi ini permintaan Rendang Mak Tuo malah meningkat,” ungkap Sukiatno.

BACA JUGA: Penerbit Faktur Pajak Fiktif Divonis Penjara 3 Tahun dan Denda Rp34,36 Miliar

Berkah yang dirasakan Sukiatno itu berkat konsistensinya dalam menjaga mutu dan memasarkan Rendang
Mak Tuo.

“Kalau menyangkut mutu memang saya tidak pernah mau kompromi. Saya sendiri yang membeli dan menyiapkan bahan baku, seperti daging sapi dan rempah-rempah,” jelas Sukiatno dari dapur produksi rendangnya di Jl. Wijaya 1 Gg. Langgar Rt. 006 Rw. 003 Kelurahan Petogogan, Kecamatan Kebayoran Baru, Jakarta Selatan.

Sukiatno mengatakan, usaha rendang kemasan yang dikelolanya sudah berlangsung selama enam tahun.

BACA JUGA: Telkomsel Hadirkan Paket Bundling iPhone Plan-Pascabayar

Sebelum jadi pengusaha rendang yang sukses, Sukiatno sempat mencoba berbagai profesi, termasuk menjual masakan untuk acara kekahan.

Sukiatno tidak memungkiri, ketika usaha rendangnya ini baru berdiri, ia menemui banyak tantangan salah satunya masalah dalam permodalan.

“Walaupun rendang produksi saya itu banyak disukai pelanggan, tapi sulit berkembang karena kekurangan modal,” jelas Sukiatno.