Desa Batukuda Salurkan BLT Dana Desa Kepada 150 Warga

29
PEDULI: Plt Kepala Desa Batukuda Sarmudi (kiri) menyerahkan BLT Dana Desa secara simbolis kepada kelurga penerima manfaat (KPM) di kantor desa setempat, Sabtu (17/7). Foto: Fauzul Imam / Ekbisbanten.com

SERANG, EKBISBANTEN.COM – Desa Batukuda, Kecamatan Mancak, Kabupaten Serang menyalurkan Bantuan Langsung Tunai (BLT) Dana Desa tahap dua kepada 150 warga setempat, Sabtu (17/07).

Bantuan senilai Rp300 per KPM (Keluarga Penerima Manfaat) dari Kementerian Desa, Pembangunan Daerah Tertinggal, dan Transmigrasi (Kemendes PDTT) disalurkan secara simbolis di Kantor Desa Batukuda Jalan Raya Mancak No 9 Batukuda Mancak, Kabupaten Serang.

Pelaksana Tugas (Plt) Kepala Desa (Kades) Batukuda Sarmudi mengatakan, pada awalnya warga Batukuda yang berhak mendapatkan bantuan hanya 105 KPM. Namun karena ada alokasi penambahan kuota 45 KPM menjadi 150 KPM.

“BLT ini kita menggunakan dana desa dan anggaran belanja negara (APBN) yang sebelumnya untuk pembangunan, namun saat ini atas intruksi Presiden dan Dinas Pemerintahan Masyarakat Desa Kabupaten Serang mengacu kepada intruksi Presiden, maka kita alihkan untuk BLT. Bantuan ini sebagai bentuk penanganan Covid-19,” kata Sarmudi disela-sela menyerahkan bantuan BLT DD kepada warganya.

“Karena memang dana desa saat ini dipakai selain untuk BLT, jadi dipakai juga untuk penyediaan alat lrotokol kesehatan pemilihan kepala desa mengingat Kabupaten Serang saat ini masuk kedalam zona merah,” sambung Sarmudi.

Ia mengatakan, jika kondisi pandemi saat ini masih belum selesai, diperkirakan BLT DD dari pemerintah pusat ini akan terus dalurkan kepada warga pada tahap selanjutnya.

“Namun hal itu bisa berubah jika kondisi pandemi sudah aman dan juga melihat di anggaran perubahan,” terang Sarmudi.

Sarmudi menghimbau kepada seluruh masyarakat Desa Batukuda untuk tetap menjaga kesehatan dan tetap mematuhi protokol kesehatan.

“Serta taati aturan pemerintah yang ada agar pandemi ini bisa selesai,” pungkasnya. (mg-fauzul)