Dampak El Nino, 58 Kecamatan di Banten Alami Kekeringan

Kekeringan
Sawah yang mengalami kekeringan dampak El Nino pada salah satu desa di Kota Serang, Jumat (18/8/2023). Foto: Budiman/Ekbisbanten.com

SERANG, EKBISBANTEN – Dampak El Nino mengakibatkan 58 kecamatan di Banten mengalami kekeringan. Kecamatan paling parah dan banyak terjadi di Kabupaten Lebak.

Hal itu diungkapkan oleh Kepala Pelaksana (Kalak) Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Provinsi Banten Nana Suryana di Pendopo Gubernur, KP3B, Curug, Senin (28/8/2023).

Nana melanjutkan, dari kecamatan yang terkena dampak tidak semua desa mengalami kekeringan. “Tapi tidak semua desa di kecamatan itu kekeringan,” katanya.

Ia merinci, Kabupaten Lebak terdapat 27 kecamatan, Kabupaten Pandeglang ada 10 kecamatan, Kabupaten Tangerang ada 5 Kecamatan yang mengalami kekeringan.

“Kota Serang ada 3 kecamatan dan Kota Cilegon ada 3 kecamatan yang mengalami kekeringan. Untuk yang Cilegon, terutama daerah dataran tinggi,” katanya.

Sedangkan untuk wilayah Kota Tangerang dan Kota Tangerang Selatan, kata Nana, belum ada laporan dari warga terkait kekeringan. Ia mengatakan bahwa warga kedua kota itu lebih banyak menggunakan air dari PDAM, maka air tetap ada untuk kebutuhan sehari-hari. Itulah yang membuatnya tak ada laporan kekeringan di kedua wilayah itu.

Editor :Rizal Fauzi

Tags

Bagikan Artikel

Berita Terkait

Berita Terpopuler

Scroll to Top