Minggu, 14 Juli 2024
Search
Close this search box.
Search
Close this search box.

Daftar BUMD Penyetor Dividen Jumbo ke Pemprov Banten 2023, Tak Ada Nama PT BGD dan Bank Banten

Admin

| 24 April 2024

| 13:30 WIB

Kepala Badan Pengelolaan Keuangan dan Aset Daerah Provinsi Banten Rina Dewiyanti usai rapat koordinasi penanganan inflasi di Pendopo Gubernur Banten, Selasa (4/4/2023). Foto : Budiman/Ekbisbanten.com

SERANG, EKBISBANTEN.COM – Badan Pengelolaan Keuangan dan Aset Daerah (BPKAD) Provinsi Banten mencatat, total pendapatan Pemprov Banten dari setoran dividen sejumlah Badan Usaha Milik Daerah (BUMD) pada tahun 2023 mencapai Rp61,8 miliar.

Angka itu meningkat 8,95 persen atau bertambah Rp5 miliar jika dibandingkan dengan periode tahun 2022 senilai Rp56,73 milir.

Untuk diketahui, dividen yang diterima Pemprov Banten tersebut merupakan laba atas penyertaan modal pada10 BUMD dan BPR/LPK di Provinsi Banten dan Jawa Barat sepanjang tahun 2023.

MENRIK DIBACA: 4 BUMD Penyumbang Dividen Terbesar ke Pemprov Banten

Namun anehnya, dari total setoran dividen yang diterima Pemprov Banten dari sejumlah BUMD dan BPR/LPK itu, tidak ada nama PT Banten Global Development (BGD) selaku induk perusahaan dari PT. Bank Pembangunan Daerah Banten (Tbk) atau Bank Banten.

Menanggapi absennya setoran dividen dari PT BGD dan Bank Banten, Kepala BPKAD Provinsi Banten Rina Dewiyanti langsung angkat bicara.

“Tahun 2023 Bank Banten (BB) belum merupakan BUMD Pemprov. Masih di bawah PT BGD,” kata Rina melalui pesan singkat whatsapp kepada Ekbisbanten.com, Selasa (23/4/2024).

BACA JUGA: Laba Bersih Jamkrida Banten Capai Rp9,5 Miliar, Nasib BUMD Lain Apa Kabar?

BACA JUGA: Pemkab Serang Ogah Pindah RKUD ke Bank Banten Meski Ada Titah Mendagri

Masih berdasarkan data BPKAD Banten, dari setoran dividen yang diterima Pemprov Banten sebesar Rp61,8 miliar itu, setoran dividen terbesar untuk Pemprov Banten ternyata disumbang dari Bank BJB senilai Rp54,4 miliar.

Setoran dividen dari Bank BJB ini meningkat 5,49 persen dari periode tahun sebelumnya sebesar Rp51,59 miliar.

Di posisi kedua, penyumbang setoran divdien terbesar ke Pemprov Banten berasal PT Jamkrida Banten Rp2,5 miliar atau meningkat 49,63 miliar jika dibandingkan dengan periode tahun sebelumnya Rp1,6 miliar.

BACA JUGA: Rugi Bersih BUMD PT Banten Global Development Capai Rp155,27 Miliar Sepanjang 2022

Kemudian di posisi ketiga, setoran dividen terbesar disumbangkan olehn Bank Serang senilai Rp2,48 miliar atau meningkat 5,05 persen.

Sedangkan diposisi keempat dan kelima, setoran dividen Pemprov Banten berasal dari BPR Kertaraharja Kabupaten Tangerang Rp1,09 miliar dan PT Agrobisnis Banten Mandiri (ABM) Rp1,05 miliar.

Selanjutnya, setoran dividen Pemprov Banten berasal dari BPR LPK Berkah Kabupaten Pandeglang Rp108 juta, BPR Lebak Sejahtera Kabupaten Lebak Rp113 juta, PT LKM Berkah Pandeglang Rp14 juta, dan PT LKM Rangkasbitung Rp16 juta.***

Editor :Rizal Fauzi

Bagikan Artikel

Terpopuler_______

Scroll to Top