Minggu, 14 Juli 2024
Search
Close this search box.
Search
Close this search box.

Cuma Ada di Cimanuk, Ibu-ibu Jajakan Apem Putih Kuliner Khas Pandeglang

and

| 12 Februari 2023

| 19:14 WIB

Penjual Apem Putih saat berjualan di depan Kecamatan Cimanuk Kabupaten Pandeglang. (Foto : Jule/ekbisbanten.com)

PANDEGLANG, EKBISBANTEN.COM – Di Pandeglang tepatnya Jalan Raya Labuan, Batubantar depan kantor Kecamatan Cimanuk, sejumlah ibu-ibu kompak berjualan apem putih makanan khas Cimanuk Pandeglang, Minggu (12/2/2023).

Cara Para penjual Apem putih Cimanuk ini terbilang unik karena mereka menjual dengan cara berdiri di pinggir jalan menawarkan apem putih, biasanya ibu-ibu penjual Apem putih ini membagi posisi berhadapan di pinggir jalan untuk menawarkan apem putih yang sudah dibungkus.

Apem putih itu sendiri merupakan makanan khas Cimanuk Pandeglang yang terbuat dari tepung beras dan tape. Apem putih memiliki bentuk kotak atau persegi empat dan memiliki tekstur yang kenyal dan lembut, apem sendiri dimakan dengan di celupkan ke dalam air gula atau kinca. Sehingga ketika disantap ada rasa asam dari apem dan rasa manis dari kinca.

Tak sangka apem putih ini dapat mendatangkan rezeki bagi para penjualnya hal ini terbukti oleh salah satu penjual Apem putih Siti Sarmanah, ia mengaku sudah berjualan apem putih hingga 30 tahun, karena kebutuhan ia berjualan apem putih dan konsisten sampai sekarang.

”Berjualan disini kalau saya sih sudah 30 tahunan yah dari sebelum tiap hari, dulu kan bulan puasa doang sekarang mah sudah tiap hari, karena kebutuhan, ya akhirnya saya dan teman-teman meneruskan usaha yang ada aja daripada ngga ada kerja yang lain, ya dari pada dirumah mending kita nyari Rezeki kayak begini,” ungkapnya.

Selanjutnya Sarmanah mengakatan keuntungan tiap hari dari berjualan apem putih ini lumayan tergantung Rezeki.

”Tergantung milik yah kemaren aku habis 23 bungkus hari ini juga baru 12 bungkus satuannya aku ngejual Rp15 ribu perbungkus, tergantung yang beli nya,” kata Sarmanah.

Diakhir Sarmanah juga berharap kalau Apem putih sebagai makanan khas daerah yang enak dan murah dapat maju.

”Harapannya sih semoga kedepan nya semakin maju, banyak yang suka juga apalagi bulan puasa nanti pasti banyak yang nyari untuk menu buka puasa,” harapnya.

Editor :Rizal Fauzi

Bagikan Artikel

Terpopuler_______

Scroll to Top