Covid-19 di Indonesia Kian Terkendali, Pemerintah Keluarkan Aturan Terbaru Pelonggaran Penggunaan Masker

18
Presiden Jokowi
Tangkapan Layar saat Presiden Republik Indonesia, Joko Widodo melakukan konferensi pers mengenai terkait Pelonggaran Penggunaan Masker, Selasa (17/5/2022). (FOTO: TANGKAPAN LAYAR YOUTUBE SETPRES).

EKBISBANTEN.COM – Presiden Republik Indonesia, Joko Widodo memutuskan untuk melonggarkan kebijakan penggunaan masker di luar ruangan, dengan mempertimbangkan situasi pandemi Covid-19 yang kian terkendali. Hal itu diumumkan Presiden dalam konferensi pers yang digelar Selasa (17/5/2022).

“Dengan memperhatikan kondisi saat ini di mana penanganan pandemi Covid-19 di Indonesia yang semakin terkendali, maka perlu saya menyampaikan beberapa hal. Yang pertama, pemerintah memutuskan untuk melonggarkan kebijakan pemakaian masker,” katanya.

Kendati demikian, Presiden menuturkan penggunaan masker tetap disarankan untuk masyarakat yang berkegiatan di ruangan tertutup dan transportasi publik. “Untuk kegiatan di ruangan tertutup dan transportasi publik, tetap harus menggunakan masker,” katanya.

Selain itu, Jokowi menekankan untuk masyarakat yang masuk kategori rentan dan lanjut usia serta memiliki komorbid disarankan untuk tetap menggunakan masker saat beraktivitas baik di dalam atau luar ruangan.

“Kemudian bagi masyarakat yang mengalami gejala batuk dan pilek maka tetap harus menggunakan masker ketika melakukan aktivitas,” tegasnya.

Sejalan dengan keputusan yang diumumkan oleh Presiden itu, Satuan Tugas (Satgas) Penanganan Covid-19 menerbitkan Surat Edaran (SE) 18/2022 tentang Ketentuan Perjalanan Orang Dalam Negeri Pada Masa Pandemi Corona Virus Disease 2019 (Covid-19).

Dalam edaran yang ditandatangani Kepala Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) Letjen TNI Suharyanto itu, pemerintah mengatur sejumlah protokol kesehatan terbaru selama masa pandemi Covid-19, utamanya penggunaan masker.

Berikut aturan terbaru penggunaan masker:

  1. Menggunakan masker kain 3 lapis atau masker medis yang menutup hidung, mulut dan dagu selama berada di dalam ruangan atau ketika berada dalam kondisi kerumunan;
  2. Mengganti masker secara berkala setiap empat jam, dan membuang limbah masker di tempat yang disediakan.