Cilegon Night Market: Pemkot Cilegon Masih Urus Perijinan ke BPJN

38
Disperindag Cilegon
Kepala Disperindag Kota Cilegon Syafrudin saat diwawancara di ruang kerjanya, Kamis (3/2/2022). (Foto: Maulana/Ekbisbanten.com)

CILEGON, EKBISBANTEN.COM – Pemerintah Kota (Pemkot) Cilegon melalui Dinas Perindustrian dan Perdagangan (Disperindag) tengah mempersiapkan sejumlah persyaratan untuk menggelar Cilegon Night Market.

Diketahui, wisata kuliner malam itu rencananya akan digelar di Jalan Jenderal Sudirman atau lebih tepatnya di sepanjang jalan tugu landmark hingga ujung gedung DPRD Cilegon.

Kepala Disperindag Syafrudin mengatakan, ada sejumlah persyaratan yang harus dipenuhi oleh Pemkot Cilegon kepada Balai Pelaksana Jalan Nasional (BPJN). Pasalnya, jalan yang akan digunakan untuk gelaran Cilegon Night Market tersebut merupakan jalan nasional.

“Jadi kita sudah bersurat ke sana (BPJN) terus kita diundang untuk ekspos, untuk izin, kita sudah sampaikan izin, terus kita diundang sama sana, terus hadir lah kita di sana. Di sana bahwa diperlukan adanya rencana detail rekayasa lalu lintasnya, pengelolaan sampahnya, terus pengamanan badan jalannya,” kata Syafrudin kepada wartawan di ruang kerjanya, Kamis (3/2/2022).

Untuk itu, Disperindag langsung bergerak cepat menggelar rapat bersama unsur Forkopimda dan OPD terkait serta BPJN di Ruang Rapat Walikota Cilegon untuk membahas persyaratan tersebut.

“Jadi memang itu disampaikan kita harus memohon izin dulu, kita sudah memohon izin. Tapi tadi disampaikan bahwa kita mohon izin lagi untuk dilengkapi dokumen-dokumen pendukungnya tadi itu. Jadi makanya ini sudah kita minta kepada OPD untuk menyiapkan rencana detail itu, PU, LH dan Dishub,” ujar Syafrudin.

“Pokoknya kita berproses dulu, kita dapat izinnya dulu, jadi utamanya ini. Senin kita submit ke Balai untuk dapat persetujuan, nanti dokumen yang diminta kita lengkapi,” imbuhnya.

Namun, meskipun nanti Cilegon Night Market itu digelar mulai dari tugu landmark hingga ujung gedung DPRD Cilegon, dikatakan Syafrudin, pedagang hanya bisa berjualan di satu jalur.

“Lokasinya itu untuk dagangan satu jalur dari landmark. Tadi kita kalau lihat informasi di lapangan itu antara landmark sampai dengan antara Alun-alun dengan dewan itu sekitar 300 meter,” ucapnya.

Dengan jarak tersebut, Syafrudin juga memprediksi nantinya Cilegon Night Market tersebut hanya bisa diisi sebanyak puluhan stand dagangan.

“Kalau dihitung antara space antar tenda satu dengan lainnya berarti ada sekitar 80 tenda di situ,” ujarnya.***