Cerita Mahasiswi Unival Cilegon Biayai Kuliah Lewat Bisnis Online Shop

219
Rohmawati (22) Mahasiswi Ilmu Ekonomi Universitas Al-Khairiyah (Unival) Kota Cilegon sekaligus pemilik oshop Zakimoza saat menunjukan sebagian produk jualannya, Sabtu (17/7). (Foto: Fauzul Imam / Ekbisbanten.com

CILEGON, EKBISBANTEN.COM – Kuliah sambil berbisnis bukan suatu hal yang mustahil untuk dilakukan. Seperti halnya dengan Rohmawati (22) Mahasiswi Ilmu Ekonomi Universitas Al-Khairiyah (Unival) Kota Cilegon, Banten.

Wanita asal Kampung Pangrango, Desa Lambangsari, Kecamatan Bojonegara, Kabupaten Serang ini mengaku, dari usahanya berjualan online dengan nama Zakimoza, ia mampu memenuhi kebutuhan sehari-hari hingga untuk membayar uang kuliah. Bahkan tak jarang, uang hasil jualannya ia berikan untuk membantu orang tua dan adik-adiknya yang masih sekolah.

“Usaha ini saya lakukan awalnya untuk kemandirian saya, agar tidak bergantung dengan orang tua,” kata Rohmawati kepada Ekbisbnten.com, Sabtu (17/7).

Wanita yang kini sudah duduk di tingat semester enam ini menceritakan, usaha tersebut ia rintis hanya dengan modal Rp250 ribu pada tahun 2018 lalu. Tepatnya saat duduk dibangku kuliah semester satu. Uang modal Rp250 ribu itu ia dapatkan dari uang jajan pemberian orang tuanya.

Di awal-awal jualan online, konsep yang ia terapkan hanya mengandalkan sistem kepercayaan orang lain dengan sistem pree order (PO). Lama kelamaan, lantaran banyak mendapatkan pesanan, usahanya terus berkembang.

BACA JUGA :Kumpulan Doa-doa Agar Bisnis dan Rezeki Melimpah Luas

Adapun berbagi produk yang ia jual, mulai dari fashion atau pakaian, asesoris, perlengkapan sekolah, produk kecantikan, hampers dan produk kebutuhan sehari-hari lainnya.

Dari jualannya itu, anak keempat dari enam bersaudara ini mengaku meraih keuntungan hingga Rp5 juta lebih per bulan.

“Ternyata usaha online shop (Olshop) ini sangat menguntungkan. Karena produk yang dijual dari harga mulai Rp 10 ribu sampai jutaan pun ada,” kata wanita yang akrab dipanggil Rohma ini.

Lebih lanjut putri dari buruh harian lepas ini menceritakan, selain untuk memenuhi kebutuhan sehari-hari, keputusannya berjualan online karena terinspirasi dari orang-orang di sekitarnya yang sukses meraih pundi-pundi dari usaha online dengan memanfaatkan tren digitalalisasi.

“Dari usaha ini saya bercita-cita saya juga ingin menjadi pengusaha dan bisa membuka toko secara langsung ataupun di market place yang sudah besar” katanya.

Rohma mengaku, kendati kuliah sambil jualan online, ia tetap giat belajar agar lulus tepat waktu dan membanggakan kedua orang tuanya.

BACA JUGA : Cerita Alumni Untirta Raup Ratusan Juta Dari Bisnis Kuliner Seafood

“Sekarang saya semester enam dan saya memiliki cita-cita lulus kuliah tepat waktu guna membanggakan orang tua dari sisi akademis,” katanya.

Hal itu Rohmawati buktikan dengan meraih
Indeks Prestasi Komulatif (lPK) yang cukup memuaskan.

“Alhamdulillah walaupun kuliah sambil jualan gak pernah mengalami bullyan atau hinaan, malah mendapatkan motivasi dari teman-teman sekitar dan kuliah sayapun tidak terganggu, karena lPK saya saat ini 3,35,” kata wanita peraih beasiswa dari Baitul Mall Krakatau Stell (KS) ini.

Rohmawati menambahkan, untuk meningkatkan penjualan online, ia rajin memberikan promo menarik bagi para pelanggannya. Salah satunya dengan memberikan kupon belanja menarik untuk membedakan dengan olhsop lainnya.

“Saat ini saya sedang memberikan kupon belanja yang nanti bisa ditukarkan jika sudah mendapatkan tujuh kupon dengan produk apa saja yang ada di Zakimoza,” katanya.

BACA JUGA: Kisah Lucu Youna Prill Doyan Berkelahi Dengan Laki-laki hingga Jatuh ke Comberan

Untuk pemesanan produk di olshop milikanya, Rohma mengatakan dapat dilakukan melalui akun media sosial facebook Rohmaw, instagram @rohmaabnd dan via whatsapp 085773472735.
Sedangkan untuk proses pembayaran setiap pesanan online dilakukan melaui transfer bank atau e-walet. Kemudian proses pengiriman paket pesanan dilakukan melalui kurit paket ekspres ataupun dengan sistem cash on celivery (COD).

“Sementara ini pesanan paling banyak melalui facebook dan whatsapp,” pungkasnya. (mg-fauzul)