Cerita Direktur Mustika Estate, Dari Berjualan Es Lilin Hingga Sukses Menjadi Pengembang Properti

363
Pemilik perumahan Drangong Residence, perumahan Mustika Estate dan pendiri organisasi Gaspool Wawan Gunawan. (Foto: Doc. Gaspool Photography Design)

SERANG, EKBISBANTEN.COM – Untuk menjadi orang yang sukses dibutuhkan perjuangan dan pengorbanan yang panjang. Hal tersebut juga dialami oleh Direktur Utama perumahan Mustika Estate Wawan Gunawan yang berasal dari keluarga sederhana namun bisa sukses menjalani bisnis properti.

Wawan Gunawan adalah pria kelahiran Serang tepatnya di Lingkungan Pabuaran, RT/06 RW/04, Kelurahan Unyur, Kecamatan Serang, Kota Serang pada tanggal 7 Juli 1982. Ia merupakan anak keempat dari delapan bersaudara.

Sebelum menjadi sukses seperti saat ini, Wawan yang berasal dari keluarga sederhana harus berjualan es lilin untuk membantu keuangan keluarga ketika dirinya duduk di bangku Sekolah Dasar (SD).

Dengan berbagai keterbatasan ekonomi keluarga Wawan, dirinya terus berjuang dan beberapa kali mengalami jatuh bangun di dunia bisnis.

Hingga pada akhirnya Wawan berhasil membangun bisnis properti di Serang. Saat ini Wawan memiliki dua perumahan yaitu perumahan Drangong Residence yang berlokasi di lingkungan Ranca Sawah, Kelurahan Drangong, Kecamatan Taktakan, Kota Serang.

Perumahan kedua Wawan adalah perumahan Mustika Estate yang berlokasi di Jalan Belakang Terminal Pakupatan Blok D3 Nomor 5, Banjaragung, Kecamatan Cipocok Jaya, Kota Serang.

Di masa kesuksesan yang diraih Wawan saat ini, Ia bertekad mendedikasikan dirinya untuk melakukan pengabdian kepada masyarakat.

“Saya dulu merasakan sendiri pahitnya kehidupan dengan segala keterbatasan. Dulu saya berjuang sendirian dan tidak ada yang membantu. Sekarang sebisa mungkin saya ingin membantu orang lain terutama lingkungan sekitar saya supaya mereka tidak merasakan susahnya seperti yang saya rasakan dulu,” kata Wawan Gunawan saat ditemui Ekbisbanten.com di Marketing Gallery Mustika Estate, Senin (20/9).

Salah satu wujud pengabdian Wawan kepada masyarakat adalah terbentuknya organisasi Gerakan Pemuda Se-Pabuaran Paling Pool (Gaspool) yang bergerak di bidang Usaha Mikro, Kecil dan Menengah (UMKM).

Dengan komunitas Gaspool tersebut Wawan berharap bisa membantu perekonomian masyarakat terutama para pemuda khususnya di wilayah Lingkungan Pabuaran, Kelurahan Unyur, Kecamatan Serang, Kota Serang.

Kedepannya Wawan memiliki rencana untuk memperluas komunitasnya ke kelurahan lain bahkan Ia ingin membuat komunitas se-Kota Serang.

Berikut Ekbisbanten.com rangkum kisah perjalanan Direktur Utama Mustika Estate Wawan Gunawan yang berasal dari keluarga sederhana namun bisa sukses membangun bisnis properti.

Masa Kecil Wawan Gunawan

Wawan Gunawan lahir bertepatan dengan jatuhnya usaha orangtuanya. Pada mulanya usaha orangtua Wawan adalah berjualan pakaian di Pasar Lama Serang, karena adanya perpindahan dari Pasar Lama ke Pasar Baru/Pasar Rau pada saat itu maka usaha orangtua Wawan mulai jatuh.

“Karena suasana baru, harus beli toko baru dan penempatan kiosnya juga baru yang menyebabkan kita harus cari pelanggan lagi. Kalau tempatnya baru kan orang-orang banyak yang tidak tau. Karena perpindahan pasar itu pelanggan bapak saya banyak yang hilang,” ujar Wawan.

Pada saat itu Wawan berusia 2 tahun ketika perekonomian keluarganya mulai terpuruk. Toko orangtuanya dijual, ayahnya beralih profesi menjadi tukang ojek dan ibunya berjualan nasi uduk.

Karena kondisi perekonomian keluarga yang tidak setabil, Wawan harus membantu meringankan beban keluarga dengan cara berjualan es lilin sejak dirinya duduk di bangku kelas satu SD.

Orangtua Wawan sudah mengajarkan anaknya untuk berdagang sejak kecil. Ketika Wawan duduk di bangku kelas dua Sekolah Menengah Pertama (SMP) ayahnya merintis usaha berjualan sepatu bekas.

Karena sering melihat ayahnya bekerja, lama-kelamaan Wawan hafal dengan merk-merk sepatu yang mahal. Wawan bercerita, Ia pernah menjual sepatu Adidas Samba yang sangat populer pada saat itu kepada teman sekolahnya.