Cek, Ini Cara Mengetahui WhatsApp Kamu Udah Dibaca atau Belum

9
Foto: Infografis/Fitur yang akan ada di Whatsapp/Arie Pratama

EKBISBANTEN.COM – WhatsApp memberikan pilihan bagi penggunanya untuk mematikan centang biru, penanda pesan telah dibaca. Tapi ternyata, ada trik untuk mengetahui pesan dibaca, bahkan dengan centang biru yang dinonaktifkan.

Situs Livemint, dikutip Jumat (18/06/2021), memberikan catatan, sebenarnya tanda terima telah dibaca akan selalu aktif untuk group chat. Jadi, walau centang biru dinonaktifkan, pengguna masih bisa mengecek apakah pesan dalam grup telah dibaca atau belum.

Informasi ini bisa diketahui saat kamu menonaktifkan centang biru. Caranya, dengan membuka ‘Settings’, klik ‘Privacy’ lalu menuju ke ‘Read Receipts’.

Di bagian bawah pilihan terdapat tulisan ‘tanda terima telah dibaca selalu disetel untuk chat grup’.

“Jika Anda menonaktifkan tanda terima telah dibaca, Anda tidak akan dapat melihat tanda terima telah dibaca dari orang lain. Tanda terima telah dibaca selalu disetel untuk chat grup,” tulis WhatsApp.

Ini merupakan metode pertama. Jadi, WhatsApp memastikan pilihan tanda baca tidak berlaku bagi chat grup dan pastinya kamu yakin bisa mengecek siapa saja yang membaca pesan yang dikirimkan.

Lalu, bagaimana dengan chat personal? Sebab ini menjadi masalah saat kita ingin pesan cepat terbaca atau dibalas. Saat ceklis biru dimatikan, maka akan mematikan tanda penerima teks dan media pada chat.

Namun ternyata centang biru tidak terlihat untuk salah satu fitur. Voice note pada WhatsApp tidak mendukung fitur centang biru yang telah dinonaktifkan.

Jadi, saat kamu mengirimkan klip suara, kamu bisa melihat ceklis biru. Namun, ini baru terlihat saat penerima telah mendengar voice note.

Selain itu, tanda pesan terbaca juga bisa dilihat dalam info pesan. Caranya, dengan menekan pesan cukup lama, dan akan terlihat menu info untuk mengetahui waktu pesan dibaca.

Sumber: CNBC Indonesia