Catat Tanggalnya! The Surosowan Akan Gelar Surosowan Latte Art Competition, Total Hadiah Jutaan Rupiah

12
The Surosowan

CILEGON, EKBISBANTEN.COM – Restoran The Surosowan akan menggelar Surosowan Latte Art Competition. Perlombaan menggambar di atas secangkir kopi itu akan dimulai pada 12 Juni 2022 mendatang dan bertempat di The Surosowan, hotel The Royale Krakatau, Kota Cilegon.

Bendahara Pelaksana, Kevin Rudolf mengatakan bahwa perlombaan itu dibuka untuk para barista di seluruh Indonesia. Namun, peserta dibatasi hingga 32 orang.

“Saat ini sejak update flyer kemarin yang sudah mendaftar sudah 10 orang dari Cilegon dan Jakarta,” katanya kepada Ekbisbanten.com, Selasa (10/5/2022).

Kevin mengungkapkan, rencana menggelar perlombaan latte art itu bertujuan untuk memberikan kesempatan dan ruang bagi para barista menunjukkan kebolehannya, khususnya para barista di Kota Cilegon.

“Karena memang di Cilegon ini ada beberapa barista yang kompeten tapi belum terekspos oleh daerah-daerah lain. Kita jangan mau kalah dengan daerah-daerah lain yang sudah terkenal dengan kopinya, dari Jakarta, Bandung. Niat saya bikin acara ini di sini biar barista-barista Cilegon bisa terekspos juga di mata kota-kota lain dan punya daya saing,” ungkapnya.

Untuk mekanisme perlombaannya, panitia memberlakukan sistem gugur dan akan membagi hingga lima ronde. Setiap ronde peserta akan diberikan tantangan menggambar sesuai yang telah ditentukan oleh para juri.

“Sistemnya gugur battle satu lawan satu, jadi yang kalah gugur. Di ronde 1 dan 2 kita menentukan gambar yang basic saja contohnya love, tulip, roseta, dan swan. Ronde ke 2 kita bocoran rulesnya naik satu tahap lebih sulit, yaitu ada dekoratif basic. Jadi love, tulip, roseta dan swan itu digabungkan dalam satu cangkir itu,” ucap Kevin.

“Untuk selanjutnya sampai final itu pasti ke atas-atasnya lebih sulit lagi. Dari ronde 3 dan 4 ada kaya salah satu juri memberi contoh gambar dan diikuti oleh peserta. Jadi misal gambar kuda, gajah, kelinci bisa jadi dari juri empat itu, peserta mengikuti gambar yang sudah ditentukan oleh juri dan yang bagus itu yang lolos ke babak selanjutnya,” sambungnya.

Sementara bagi para barista yang berminat mengikuti perlombaan tersebut dikenai biaya pendaftaran sebesar Rp 150 ribu dengan fasilitas yang didapat berupa sertifikat, kaos, dan goodybag.

“Hadiah utama kita juara 1 ada voucher menginap di suite room di The Royale Krakatau dan uang tunai Rp 2 juta, sertifikat juara 1, plakat juara 1 dan goodybag. Juara 2 ada uang tunai Rp 1,5 juta, sertifikat, plakat dan goodybag. Juara 3 uang tunai Rp 1 juta, sertifikat, plakat, dan goodybag juga,” kata Kevin.

Kevin berharap, dengan adanya Surosowan Latte Art Competition itu nantinya dapat menjadi sarana mengasah dan meningkatkan kemampuan para barista, sekaligus sebagai ajang silaturahmi.

“Harapannya nanti semoga kegiatannya sukses dan kita bisa kumpul, sharing dengan para barista dari berbagai daerah untuk meningkatkan kualitas dan kemauan kita, itu yang paling utama,” pungkasnya.

Diketahui, dalam perlombaan tersebut panitia akan menghadirkan para juri yang profesional dan ternama dari sejumlah daerah, seperti dari Komunitas Barista Indonesia, Jakarta Coffe Street, Bogor dan Kota Cilegon.

Info lebih lanjut dapat menghubungi di nomor 085156516603 (Bayu) atau 081295070291 (Arbi).***