Bupati Irna Resmikan UDD Dan Klinik Rusdinar

13
Dok. Pemkab Pandeglang

PANDEGLANG, EKBISBANTEN.COM – Bupati Pandeglang Irna Narulita meresmikan Unit Donor Darah (UDD) dan Klinik Rusdinar Palang Merah Indonesia (PMI) Pandeglang. Dengan diresmikan nya klinik tersebut, Bupati Irna mengatakan, pemerintah sangat terbantu dalam pelayanan kesehatan bagi masyarakat.

“Kerja PMI sangat nyata, apalagi sekarang ada klinik nya tentu ini menambah pelayanan kesehatan khususnya bagi masyarakat menengah kebawah,” demikian dikatakan Bupati Irna Narulita pada saat peresmian UDD dan Klinik Rusdinar milik PMI Pandeglang, Rabu (12/1/2022).

Irna juga mengatakan, PMI sejauh ini sangat besar peranannya dalam penanggulangan kesehatan, kebencanaan, dan kegiatan sosial lainnya. Apalagi dengan hadirnya klinik, dikatakan Irna, PMI akan semakin memantapkan peranannya. “PMI adalah mitra strategis pemerintah dalam meningkatkan drajat kesehatan masyarakat,” ungkapnya.

“Jika RSUD Full Bad, mungkin bisa juga ditangani disini,” sambungnya.

Sementara Ketua PMI Pandeglang Gunawan mengatakan, tugas PMI diantaranya Kesiapsiagaan bantuan dan penanggulangan bencana,pelayanan kesehatan teransfusi darah, pembentukan dan pembinan sukarelwan, pelayanan sosial kesehatan masyarakat. “PMI pandeglang akan terus berupaya lagi sehingga keberadaan PMI lebih dirasakan terus oleh masyarakat. Tujuan kami melaksanakan tugas kemanusian yang tidak memandang ras golongan,” katanya.

Dikatakan Gunawan, untuk UDD dananya dari hibah Pemkab Pandeglang, sedangkan untuk klinik sendiri dari Taipei Economic Trade Office (TETO) yang digulirkan melalui PMI pusat.

“Kemanusian butuh dukungan kuat dari Pemerintah, tanpa itu PMI akan kesulitan dalam membangun semangat kemanusiaan, semua ikut andil dalam pengembangan kepalang merahan,”ujarnya.

Kepala Bidang Kebencanaan PMI Banten Jaenudin mengatakan, baik PMI provinsi maupun pusat konsen mendukung PMI Pandeglang dimulai pasca bencana tsunami. Dukungan itu diantaranya kata Jaenudin yaitu bantuan Klinik untuk PMI Pandeglang.

“Klinik PMI hanya ada di Pandeglang, saya harap harus dikelola secara baik,”harapnya.

Terkait nama Klinik Rusdinar dijelaskan Jaenudin, nama tersebut diambul sebagai penghargaan kepada ketua PMI Pandeglang periode 2012-2017 yaitu almarhumah Tita Rusdinar.

“Beliau berkontribusi nyata untuk PMI Pandeglang, hari ini kita wujudkan impiannya PMI terua berkontribusi pada aspek kemanusiaan,”pungkasnya.**