Kamis, 25 Juli 2024
Search
Close this search box.
Search
Close this search box.

Bukti Berhasil Kelola Keuangan Daerah, Kota Cilegon Raih Peringkat Tiga Fiskal Kuat di Rakernas APEKSI

Esih Yuliasari

| 4 Juni 2024

| 15:23 WIB

Kota Cilegon
Wali Kota Cilegon, Helldy Agustian saat menghadiri Rakernas Apeksi. (FOTO: DOK. DISKOMINFO KOTA CILEGON).

EKBISBANTEN.COM – Dalam acara Rapat Kerja Nasional (Rakernas) Asosiasi Pemerintah Kota Seluruh Indonesia (APEKSI) ke-17 yang digelar di Kota Balikpapan pada Selasa, (4/6/2024) Menteri Dalam Negeri Muhammad Tito Karnavian mengumumkan Kota Cilegon berhasil menempati peringkat ketiga untuk kategori Fiskal Kuat.

Menteri Tito menjelaskan pengelompokan daerah berdasarkan kapasitas fiskal mereka. “Kemendagri mengelompokkan daerah pada tiga kategori fiskal: kuat, sedang, dan lemah. Daerah dengan fiskal kuat memiliki Pendapatan Asli Daerah (PAD) yang jauh lebih besar dibandingkan dengan dana pusat. Fiskal sedang ditandai dengan PAD yang seimbang dengan dana pusat, sementara fiskal lemah memiliki PAD rendah dan sangat bergantung pada dana pusat,” paparnya.

Lebih lanjut, Tito menjelaskan bahwa daerah dengan PAD kuat biasanya memiliki inovasi dan kreativitas yang tinggi. “Daerah dengan PAD kuat, seperti Kota Semarang, Kota Surabaya, dan Kota Cilegon, memiliki kemampuan untuk meluncurkan berbagai program kreatif karena memiliki dukungan finansial yang memadai. Sebaliknya, daerah yang sangat bergantung pada pemerintah pusat seringkali menghabiskan PAD-nya untuk belanja pegawai dan tenaga honorer,” tambahnya.

Editor :Rizal Fauzi

Bagikan Artikel

Terpopuler_______

Scroll to Top