Minggu, 14 Juli 2024
Search
Close this search box.
Search
Close this search box.

BPJS Ketenagakerjaan Cabang Serang Catat Sudah Lindungi 764 Ribu Buruh

Admin

| 1 Mei 2024

| 23:31 WIB

BPJS Ketenagakerjaan Cabang Serang Catat Sudah Lindungi 764 Ribu Buruh
Kepala BPJS Ketenagakerjaan Cabang Serang Achmad Fatoni bersama Sekda Kabupaten Serang Nanang Supriatna saat menghadiri Peringatan Hari Buruh Inteenasonal atau May Day 2024 di di Lapangan Kawasan Industri Modern Cikande, Kabupaten Serang, Rabu (1/5/2024). (Foto: Ismatullah/Ekbisbanten.com)

SERANG, EKBISBANTEN.COM – BPJS Ketenagakerjaan Cabang Serang mengklaim sudah melindungi 764 ribu buruh atau pekerja dengan empat program jaminan sosial ketenagakerjaan. Empat program BPJS Ketenagakerjaan tersebut yaitu, Jaminan Kecelakaan Kerja (JKK), Jaminan Kematian (JKM), Jaminan Hari Tua (JHT), dan Jaminan Pensiun (JP).

Demikian diungkapkan Kepala BPJS Ketenagakerjaan Cabang Serang Achmad Fatoni pada Peringatan Hari Buruh Internasional atau May Day 2024 di Lapangan Kawasan Industri Modern Cikande, Kabupaten Serang, Rabu (1/5/2024).

Kalau angka (kepesertaan) di bulan kemarin sudah 764 ribu. Itu terbagi segementasinya. Temen-temen buruh ini dari segmen penerima upah ada sekitar 620 ribu pekerja,” kata Ahamad Fatoni

BACA JUGA: Hadiri May Day 2024, Sekda Kabupaten Serang Ingatkan Hal Ini ke Buruh Agar Perusahaan Tidak Hengkang

“Kita (BPJS Ketenagakerjaan) juga peserta yang kita lindungi ada dari segmen pekerja konstruksi dan perorangan (bukan penerima upah). Yang sekarang adalah segmen penerima upah,” sambung Fatoni.

Peringatan Hari Buruh atau May Day 2024 hari ini di Wilayah Kabupaten Serang dimeriahkan dengan kegiatan senam sehat bersama ribuan buruh, hiburan musik dan pembagian doorprize menarik.

Adapun peringatan Hari Buruh atau May Day 2024 mengusung tagline ’Kerja bersama Wujudkan Pekerja yang Kompeten’ bekerjasama antara Aliansi Serikat Pekerja Serikat Buruh Kabupaten Serang, Disnakertrans dan Forkopimda Kabupaten Serang.

BACA JUGA: Jelang Hari Buruh, Sebanyak 2,7 Juta Pekerja di Banten Sudah Terlindungi BPJS Ketenagakerjaan

Diketahui, wilayah kerja cakupan BPJS Ketenagakerjaan Cabang Serang meliputi daerah Kabupaten Serang, Kota Serang, Kabupaten Pandeglang, Kabupaten Lebak dan Kota Cilegon.

Dengan cakupan wilayah kerja yang cukup luas itu, BPJS Ketenagakerjaan berkomitmen akan terus meningkatkan kesejahteraan pekerja dengan perlindungan jaminan sosial ketenagakerjaan.

Fatoni menambahkan, jumlah kepesertaan BPJS Ketenagakerjaan di tiap-tiap kabupaten/kota di Banten bervariatif.

BACA JUGA: Airin Kembalikan Formulir Bacagub ke PKB, Sinyal Aksi Borong Partai Makin Menguat

“Kalau dari angkatan kerja kami melihat masing-masing daerah tingkat dua (kabupaten/kota) berbeda. Karena ada juga teman-teman (pekerja) yang di luar kabupaten Serang yang beralamat kerjanya. Kalau dari angkanya, kita sudah mencapai 64,3 persen yang terlindunginya. Itu kita ambil dari mana? Itu yang dikelolah oleh kantor Cabang Serang saja,” katanya.

Kendati demikian Fatoni menambahkan, jumlah itu dimungkikan lebih tinggi dari yang sudah tercatat di BPJS Ketenagakerjaan.

“Tapi tidak menutup kemungkinan angka itu lebih besar karena kita tahu kan bahwa ada pabrik-pabrik juga yang kepesertaannya di luar cabang Serang atau Cikande. Seperti itu,” pungkasnya.***

Editor :Rizal Fauzi

Bagikan Artikel

Terpopuler_______

Scroll to Top