Bosan ke Pantai Anyer, Desa Wisata Cikolelet Bisa Jadi Destinasi Alternatif untuk Menghabiskan Waktu Liburmu

Rizal Fauzi

| 8 Agustus 2023

| 21:17 WIB

Bupati Serang Ratu Tatu Chasanah saat membuka Festival Desa Wisata Cikolelet. (FOTO: DOKPIM PEMKAB SERANG/EKBISBANTEN.COM)

EKBISBANTEN.COM, SERANG – Bosan berwisata ke pantai? Mungkin destinasi wisata di Festival Desa Cikolelet Kecamatan Cinangka Kabupaten Serang bisa menjadi alternatif lain mengisi liburan akhir pekan.

Di desa tersebut kita tak hanya disajikan wisata alamnya yang mempesona, namun juga wisata budaya yang akan membuat kita terkagum-kagum.Apalagi kalau kita datang saat Festival Desa Wisata Cikolelet yang baru dibuka Selasa 8 Agustus 2023 dan akan berlangsung hingga 17 September 2023.

Pada Festival Desa Wisata Cikolelet, berbagai kegiatan digelar. Mulai dari pentas seni tradisional, pameran ekraf, lomba dongeng Sunda, pasanggiri bendrong lesung, ngagurah dano, parade band, lomba video kreatif, hingga tablig akbar.

“Ini tahun kedua Festival Desa Wisata Cikolelet digelar. Karena dekat dengan wisata pantai Anyer-Cinangka, kita tawarkan alternatif lain, ada wisata desa, bisa melihat sungai, destinasi wisata desa, berbagai kegiatan masyarakat, dan atraksi budaya,” kata Bupati Serang Ratu Tatu Chasanah kepada wartawan saat membuka Festival Desa Cikolelet 2023.

Menurut Tatu, Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Serang sudah membangun akses jalan beton hingga ke desa-desa. Hal ini mempermudah wisatawan untuk berkunjung ke Desa Wisata Cikolelet dan desa-desa wisata. Selain itu, pihaknya juga memfasilitasi berbagai pelatihan, mulai dari membatik, kriya, anyaman bambu, dan lainnya.

“Saat ini kita dorong masyarakatnya, harus punya kemampuan menyiapkan kuliner, atraksi budaya, produk UMKM, dan berbagai kerajinan. Kalau bisa tidak hanya ditonton, tetapi wisatawan ikut terlibat dalam atraksi budaya. Paling penting, menjaga kebersihan, keamanan, dan kenyamanan bagi wisatawan. Ke depan, kita tingkatkan promosinya,” ujarnya.

Editor :Rizal Fauzi

Tags

Bagikan Artikel

Berita Terkait

Berita Terpopuler

Scroll to Top