BI Proyeksi Ekonomi Banten Cerah di Triwulan IV 2020

49
Foto tangkap layar

SERANG, EKBISBANTEN.COM – Bank Indonesia (BI) memprediksi pertumbuhan ekonomi Banten pada triwulan IV 2020 akan mengalami pertumbuhan dari triwulan sebelumnya.

Asisten Gubernur Kepala Departemen Regional BI Dwi Pranoto mengatakan, acuan perbaikan ekonomi ini diakibatkan adanya peningkatan pertumbuhan ekonomi global yakni minus 4,4 persen. Angka ini lebih baik dari prediksi International Monetary Fund (IMF) ekonomi global pada Oktober 2020 sebesar minus 4,9 persen.

“Sementara itu untuk data nasional pertumbuhan ekonomi masih landai dari minus 5,32 persen jadi minus 3,49 persen dari tahun sebelumnya, dan juga industri baja di regional Banten masih berjalan memanfaatlan proyek strategi pembangunan nasional,” ujar Dwi dalam agenda Webinar yang dilaksanakan Bank Indonesia Kantor Perwakilan Banten, Temu Responden 2020 bertajuk “Bertahan dan mencari Peluang di Era Pandemi, Selasa (10/11).

Dwi menuturkan, indikator lain yang mendorong perbaikan ekonomi di Banten yakni, beberapa komoditas pangan seperti cabai merah mengalami peningkatan. Serta sebanyak 84 persen koporasi di Banten optimis ekonomi di Banten akan membaik.

“Kesadaran akan menjaga protokol kesehatan dan menggunakan transaksi digital saat pandemi mampu meningkatkan penjualan industri pariwisata dibutikan dengan meningkatnya Tingkat Penghunian Kamar (TPK) Hotel 39,97 persen,” jelas Dwi.

Sementara itu Kepala Kantor Perwakilan BI Banten Erwin Soeriadimadja mengatakan, agenda ini juga merupakan langkah sinergi BI dengan pemerintah guna merumuskan kebijakan yang tepat untuk membangun Provinsi Banten.

“Selain menjaga silaturahmi agenda ini juga menjadi wadah untuk sharing informasi dan data guna menjaga ekonomi Banten di saat pandemi,” jelas Erwin.

Sebagai informasi dalam agenda Temu Responden 2020 BI Banten menghadirkan narasumber berkopeten seperti Founder Rumah Perubahan Rhenald Kasali, Pekerja Seni dan Aktivis Sosial Dian Sastrowardoyo yang di moderatori langsung oleh Ledi Marina. (Raden)