BI Dorong Masjid di Banten Pakai QRIS

139
EDUKASI: Kepala Perwakilan Bank Indonesia Provinsi Banten, Erwin Soeriadimadja (dua dari kiri) mencoba QRIS salah satu masjid di Banten. (BI BANTEN FOR EKBISBANTEN.COM)

SERANG, EKBISBANTEN.COM – Dalam rangka memperluas dan memperdalam penetrasi penggunaan QRIS oleh masyarakat di Provinsi Banten, Bank Indonesia bersama DKM Masjid Agung Ats Tsauroh, menyelenggarakan kegiatan meet the market di Masjid Agung Ats Tsauroh, Kota Serang, Kamis (12/3.

Rangkaian kegiatan Pekan QRIS Nasional 2020 ini dibuka oleh Kepala Perwakilan Bank Indonesia Provinsi Banten, Erwin Soeriadimadja, dan dihadiri oleh sekitar 50 peserta DKM dari 10 masjid dan 10 DKM dari masjid di Wilayah Serang dan Kota Tangerang.

Acara sosialisasi ini turut hadir Humas Masjid Istiqlal Abu Hurairoh sekaligus memberikan testimoni terkait penggunaan QRIS di masjid Istiqlal Jakarta.

Humas Masjid Istiqlal Abu Hurairoh mengungkapkan bahwa penggunaan QRIS di Masjid Istiqlal telah banyak membawa manfaat dalam pengelolaan dana dari umat.

“Karena memberikan alternatif pembayaran zakat, infak dan sedekah yang praktis, walaupun saat ini baru kalangan muda saja yang banyak menggunakan,” kata Abu Hurairoh.

Ia berharap penggunaan QRIS juga dapat lebih meluas disemua kalangan, termasuk di masjid-masjid atau rumah ibadah di Banten.

“Karena pengunaan QRIS ini dapat mendukung serta mempermudah pelaporan penerimaan dana oleh DKM kepada masyarakat dengan lebih transparan dan valid” jelasnya.

Sosialisasi penggunaan QRIS kepada para pengurus DKM ini disambut antusias peserta yang hadir. Terbukti dengan banyaknya pertanyaan terkait penggunaan QRIS di Masjid Istiqlal dan Masjid Ats Tsauroh, serta akan menjajaki lebih lanjut untuk menerapkan penggunaan QRIS.

Pengurus DKM beroto bersama dengan Kepala Perwakilan BI Banten di Masjid Agung Ats Tsauroh, Kota Serang, Kamis (12/3.

Untuk diketahui, Pekan QRIS Nasional (PQN) di seluruh Indonesia sudah dimulai dari 2 Maret sampai dengan15 Maret 2020.

“Kegiatan PQN ini terdiri dari sosialisasi kepada masyarakat melalui berbagai media, kegiatan meet the market yang bertujuan mendorong penggunaan QRIS oleh merchant, dan acara puncak di Provinsi Banten pada tanggal 14 Maret 2020 yang akan diikuti oleh masyarakat dan merchant di alun-alun Kota Serang,” ungkap Kepala Perwakilan Bank Indonesia Provinsi Banten, Erwin Soeriadimadja.

Sebelumnya, untuk memperluas penetrasi penggunaan QRIS oleh masyarakat di Provinsi Banten, BI Banten telah menyasar berbagai kalangan, mulai dari para pemilik merchant atau pedagang, pelaku UMKM, mahasiswa dan dosen, hingga masyarakat adat Suku Baduy, Kabupaten Lebak. (Raden/Red)