Minggu, 14 Juli 2024
Search
Close this search box.
Search
Close this search box.

BI Banten Targetkan Transaksi Penjualan Hingga Rp13 Miliar dalam Karya Kreatif Banten dan Digiwara Fun Fest 2024

Esih Yuliasari

| 5 Juni 2024

| 19:00 WIB

KKB dan Digiwara
Secara simbolis, pembukaan Karya Kreatif Banten dan Digiwara Fun Fest yang digelar di Bintaro Jaya Xchange pada Rabu (5/6). (FOTO: ESIH/EKBISBANTEN.COM).

TANGERANG, EKBISBANTEN.COM – Kegiatan bertajuk Karya Kreatif Banten (KKB) dan Digiwara Fun Fest 2024 yang diinisiasi oleh Kantor Perwakilan Bank Indonesia (KPw BI) Banten resmi dibuka pada Rabu (5/6/2024).

Menurut rencana kegiatan yang dilaksanakan di Bintaro Jaya Xchange Mall dan mengangkat tema: “Inovasi, digitalisasi dan kolaborasi menuju Banten maju, mandiri dan sejahtera” itu akan berlangsung hingga 9 Juni 2024 mendatang.

Kepala KPw BI Provinsi Banten, Ameriza M Moesa mengungkapkan pihaknya menargetkan transaksi penjualan di KKB dan Digiwara Fun Fest 2024 sebesar Rp13 miliar. “Target itu meningkat sebesar Rp5 miliar dari target tahun lalu yang hanya mencapai Rp8 miliar,” katanya.

Adapun, Ameriza menuturkan target transaksi tersebut dihitung bukan hanya hitungan cash akan tetapi bentuk komitmen kesepakatan bisnis juga masuk ke dalam perhitungan capaian target transaksi.

“Kalau misalnya ada komitmen beli produk dari Perhimpunan Hotel dan Restoran Indonesia (PHRI) Banten misalnya dengan salah satu UMKM disini itu masuk dalam hitungan. Jadi bukan hanya yang hitungan cash tapi juga dalam bentuk komitmen layak untuk kita pertimbangkan,” tuturnya.

Ameriza menjelaskan di hari pertama penyelenggaraan sudah ada beberapa outcome atau business matching yang dihasilkan diantaranya yaitu terjalinnya rencana kerjasama PHRI dengan UMKM untuk memenuhi kebutuhan hotel dan restoran.

“Di satu sisi, PHRI memerlukan perlengkapan dalam memenuhi kebutuhan mulai dari snack, sarung bantal, aksesoris dan lain-lain. Nah terjadi komitmen UMKM Banten akan men-support kebutuhan-kebutuhan hotel yaitu dengan adanya komitmen pembelian,” jelasnya.

Lebih lanjut, Ameriza memaparkan terkait ajang Digiwara Fun Fest. Ia berharap kegiatan ini menjadi motivasi bagi pemerintah daerah di Provinsi Banten untuk meningkatkan transaksi digital.

“Hal itu dilakukan dengan menghadirkan layanan keuangan perbankan maupun non perbankan,” ujarnya.

Adapun, lanjutnya saat ini telah terjadi bisnis matching antara Pemprov Banten dengan Bank Banten dan Pemerintah Tangerang Selatan dengan bank bjb.

Sementara itu, Deputi Kepala Perwakilan BI Banten Haryo Kartiko Pamungkas menambahkan hanya UMKM terbaik yang lolos kurasi yang turut serta dalam kegiatan KKB. Di mana totalnya berjumlah 85 UMKM.

“Dari total sekitar 500 UMKM yang telah mendaftar dari seluruh Provinsi Banten, kami kurasi hingga mencapai sekitar 85 yang lolos untuk mengikuti kegiatan ini,” pungkasnya.***

Editor :Rizal Fauzi

Bagikan Artikel

Terpopuler_______

Scroll to Top