BI Banten Salurkan Bantuan PSBI Senilai Rp2 Miliar

1118
PEDULI: Deputi Gubernur Senior Bank Indonesia (BI) Destry Damayanti (tujuh dari kanan), Kepala Kpw BI Banten Erwin Soeriadimadja (lima dari kiri) berfoto bersama penerima Program Sosial Bank Indonesia (PSBI) di KPw BI Banten, Senin (3/2).

SERANG – Membuka awal tahun 2020, Kantor Perwakilan (KPw) Bank Indonesia (BI) Banten menyerahkan bantuan Program Sosial Bank Indonesia (PSBI) senilai Rp2 miliar untuk sektor pengembangan pariwisata dan ketahanan pangan di Provinsi Banten.

Penyerahan bantuan ini secara simbolis diberikan langsung Deputi Gubernur Senior Bank Indonesia (BI) Destry Damayanti di dampingi Kepala Kantor Perwakilan Bank Indonesia (KPw BI) Banten Erwin Soeriadimadja beserta jajaran pimpinan BI Banten, di KPw BI Banten, Senin (3/2).

Deputi Gubernur Senior Bank Indonesia (BI) Destry Damayanti mengungkapkan, Program Sosial Bank Indonesia (PSBI) merupakan bentuk kepedulian BI untuk negeri dalam membantu memecahkan masalah sosial dan ekonomi yang dihadapi masyarakat.

Selain itu, bantuan PSBI ini juga berupaya meningkatkan kesadaran dan pemahaman masyarakat terhadap pelaksanaan tugas dan pencapaian tujuan Bank Indonesia di Banten.

“Selain menjaga nilai Rupiah supaya tetap stabil, kita juga harus dekat dengan masyarakat serta berkontribusi untuk negeri, baik di sektor ekonomi, pariwisata, maupun pendidikan,” kata Destry kepada wartawan.

Deputi Gubernur Senior Bank Indonesia (BI) Destry Damayanti di dampingi Kepala Kantor Perwakilan Bank Indonesia (KPw BI) Banten Erwin Soeriadimadja secara simbolis menyerahkan bantuan Program Sosial Bank Indonesia (PSBI) di KPw BI Banten, Senin (3/2).

Tak hanya itu, BI juga fokus pada pengembangan sektor ketahanan pangan berupa komoditas strategis seperti cabe dan bawang. Kemudian pemberdayaan pertanian yang baik dan peningkatan kualitas Usaha Mikro Kecil Menengan (UMKM) agar dapat bersaing secara nasional maupun Global.

“Sebab program ini dalam rangka untuk mendorong dan mengembangkan UMKM, karena UMKM merupakan salah satu tolak punggung perekonomian kita,” katanya.

Selanjutnya, guna mewujudkan SDM yang unggul di Banten, BI juga turut menyerahkan beasiswa kepada 50 mahasiswa Universitas Islam Negeri (UIN) Sultan Maulana Hasanudin (SMH) Banten dan 50 mahasiswa Universitas Sultan Ageng Tirtayasa.

Deputi Gubernur Senior Bank Indonesia (BI) Destry Damayanti di dampingi Kepala Kantor Perwakilan Bank Indonesia (KPw BI) Banten Erwin Soeriadimadja secara simbolis menyerahkan bantuan beasiswa Program Sosial Bank Indonesia (PSBI) kepada Rektor Untirta H. Fatah Sulaiman di KPw BI Banten, Senin (3/2).

“Untuk menciptakan Sumber Daya Manusai (SDM) yang unggul, maka BI memberikan beasiswa bernama Generasi Baru Indonesia (Genbi) kepada 2500 mahasiswa di 136 Universitas di Indoneaia, termasuk untuk mahasiswa Untirta dan UIN SMH Banten” ujar Destry.

Sementara Kepala Kpw BI Banten Erwin Soeriadimadja mengatakan, bantuan PSBI ini merupakan program yang bersifat berkesinambungan untuk meningkatkan perekonomian dan kemajuan daerah.

“Contohnya saja untuk ketahanan pangan ini kan merupakan binaan Bank Indonesia, jadi otomatis itu bisa kita lanjutkan, sepanjang dia memang berkinerja baik dan prospeknya juga bagus, seperti petani cabe dan bawang,” katanya.

Erwin menambahkan, Bantuan PSBI yang diberikan kepada tujuh kelompok masyarakat di Banten kali ini sekitar Rp2 miliar.

“Bantuan PSBI nya ada sekitar Rp2 miliar yang di berikan kepada tujuh penerima program sosial BI. Terdiri dari lima bidang yaitu bidang komoditi unggulan, bidang pemberdayaan wanita, bidang ketahanan pangan, bidang pengembangan SDM, dan Bidang pariwisata. Mudah-mudahan nanti kita juga bisa melihat peluang-peluang lainnya yang bisa kita support,” tutup Erwin. (Adv)