BI Banten Jadikan Mall of Serang Percontohan Penggunaan QRIS

27
Penggunaan QRIS di Mall of Serang
Foto: Ismatullah / Ekbisbanten.com

SERANG, EKBISBANTEN.COM – Kepala Kantor Perwakilan Bank Indonesia (BI) Provinsi Banten Erwin Soeriadimadja mengatakan, 60 persen toko atau merchant di Mall of Serang (MoS) sudah menerapkan layanan pembayaran lewat QR code atau QRIS yang diluncurkan Bank Indonesia.

“Di mall ini sudah 60 persen merchant yang menggunakan QRIS,” ujar Erwin Soeriadimadja kepada wartawan usai meresmikan Pencanangan Pilot Project – Mall of Serang Pendukung Program SIAP (Sehat Inovatif Aman Pakai) QRIS, Rabu (17/11/2021).

Pencanangan Pilot Project – Mall of Serang Pendukung Program SIAP QRIS merupakan program kolaborasi antara BI Banten dengan Kementerian Perdagangan Republik Indonesia, Pemerintah Kota Serang dan Bank Nobu.

Melalui pencanangan program ini BI berharap pelaku UMKM dan merchant di Kota Serang makin banyak yang menggunakan QRIS sebagai alat transaksi pembayaran.

“Dan insyaAllah secara bertahap (merchant penggun QRIS) akan kita naikin (penggunanya) menjadi 100 persen. Karena itu yang kita harapkan,” kata Erwin.

Masih kata Erwin, dengan menggunakan QRIS diharapkan lebih mampermudah pengunjung mall saat melakukan belanja tanpa harus membawa uang tunai.

“Harapannya penggunaan QRIS sebagai digitalisasi ini membawa ke dalam inklusi keuangan untuk pertumbuhan ekonomi yang semakin inklusif kedepan,” katanya.

Selain menyasar pasar modern, pencanangan pilot project penggunaan QRIS lanjut Erwin juga akan dilakukan di pasar-pasar tradisional di Provinsi Banten.

“Nanti juga akan diterapkan di pasar-pasar tradisional,” terang Erwin.

Hingga awal November 2021 Erwin menyebutkan, merchant penggunaan QRIS di Banten sudah mencapai 847 ribu merchant dari target 810 ribu merchant. Selain itu Provinsi Banten juga menempati peringkat kelima pengguna QRIS terbanyak secara nasional.

“Target kita untuk tahun ini 810 ribu merchant dan alhamdulillah per awal November 2021 sudah 847 ribu merchant pengguna QRIS,” katanya.

Sementara itu Walikota Serang Syafrudin menyambut positif Pencanangan Pilot Project Mall of Serang sebagai Pendukung Program SIAP (Sehat Inovatif Aman Pakai) QRIS oleh Bank Indonesia.

“Pemkot Serang sangat mendukung program penggunaan QRIS ini. Karena program ini sangat bermanfaat bagi merchant-merchant di MOS dan pelaku UMKM di Kota Serang,” katanya.

Selain itu kata Ketua DPW PAN Provinsi Banten ini, dengan adanya alat pembayaran QRIS di MOS akan memudahkan warga Kota Serang melakukan transaksi belanja saat berkunjung ke mall.

“Jadi pengunjung yang belanja di mall ini tidak harus bawa uang cash cukup pakai hape atau QRIS saja,” pungkasnya.**