BI Banten Gandeng BPTP Wujudkan Ketahanan Pangan di Pondok Pesantren

25
Foto/ BI Banten

PANDEGLANG, EKBISBANTEN.COM – Bank Indonesia (BI) Kantor Perwakilan Banten  kembali berkolaborasi dengan Balai Pengkajian Teknologi Pertanian (BPTP) dalam rangka Program Kemandirian Ekonomi di Pondok Pesantren. Program ini sebagai bagian dari upaya mendukung ketahanan pangan masyarakat.

Hal tersebut juga terkait dengan tugas BI menjaga kestabilan nilai rupiah. Untuk itu, komoditas yang digarap melalui kerjasama ini merupakan komoditas penyumbang inflasi seperti padi dan cabai.

Pondok pesantren yang terpilih dari Bank Indonesia adalah Pondok Pesantren Al Kirom yang terletak di Kecamatan Saketi Kabupaten Pandeglang dengan fokus komoditas adalah cabai.

BPTP Banten akan berperan melakukan Bimbingan Teknologi (Bimtek) dan pendampingan kegiatan di lapangan melalui penerapan Teknologi Proliga pada demplot seluas 1 hektar. Hal ini menjadi upaya BPTP Banten untuk melakukan hilirisasi teknologi Badan Litbang Pertanian sebagaimana arahan Fadjry Djufry, Kepala Badan Litbang Pertanian dalam sebuah pertemuan virtual dengan semua Kepala UK/UPT Badan Litbang. 

“Hilirisasi teknologi menjadi kewajiban bagi setiap UK/UPT khususnya BPTP untuk menghantarkan teknologi sampai ke pengguna, dan selanjutnya perlunya mengukur kontribusi teknologi terhadap pembangunan pertanian” jelas Fadjry.

Pondok Pesantren Al Kirom merupakan salah satu pesantren yang potensial mengembangkan usaha budidaya pertanian karena memiliki lahan yang cocok untuk pertanian dan didukung oleh tenaga SDM yang memadai.

Pembukaan acara untuk memulai Bimtek dan Demplot telah digelar pada Kamis, 8 April 2021 di lokasi pondok pesantren.  Bimtek akan berlangsung hingga Senin, 12 April 2021. 

Acara pembukaan dihadiri oleh Deputi Kepala KPw BI Banten Gunawan, Kepala BPTP Banten Ismatul Hidayah, Kepala Dinas Pertanian Kabupaten Pandeglang. Budi .S Januardi, Pimpinan Pondok Pesantren Al-Kirom KH. Salman Al-Jabali, Kabid Hortikultura Dinas Pertanian Kabupaten Pandeglang Wahyu, peneliti BPTP Banten Silvia Yuniarti, SP, MP, dan  Sekretaris Desa Parigi Kecamatan Saketi Mukmin, serta warga pondok. (*/Raden)