BI Banten Dukung Penuh Pengembangan Ekonomi Pesantren

45
Foto/Raden/Ekbisbanten.com

SERANG, EKBISBANTEN.COM – Kantor Perwakilan Bank Indonesia (KPw BI) Provinsi Banten terus mendorong pengembangan potensi pesantren di Banten agar menggerakan ekonomi syariah nasional secara inklusif.

Kepala Tim Advisor Ekonomi dan Keuangan BI Banten Purwanto mengatakan, langkah ini merupakan upaya dari BI Banten untuk membangkitkan ekonomi masyarakat yang terpuruk akibat pandemi melalui pondok pesantren.

“Proses ini adalah persiapan Banten menuju pasar ekonomi syariah yang mulai berkembang secara global,” ujar Purwanto dalam agenda Economic Outlook 2021 yang digelar Pokja Wartawan Ekbispar Banten di Hotel Mambruk Anyer, Sabtu (7/11).

Purwanto menyebut, pondok pesantren di Banten seperti Ponpes Daarun Naim saat ini sudah memproduksi sampo untuk kebutuhan pesantren dan masyarakat sekitar.

“Ponpes lain juga kita dorong untuk menghasilkan produk yang bisa digunakan untuk memenuhi kebutuhan masyarakat,” imbuh Purwanto.

Selain fokus meningkatkan ekonomi pesantren, BI Banten juga fokus pada pengembangan transaksi digital dan pemasaran didigtal.

“Terbukti BI menempati posisi 4 di Indonesia pengguaan QR Code Indonesian Standard (QRIS) sebanyak 319,620 merchant,” imbuhnya.

“Kami juga bantu para UMKM di Banten supaya penjualan produk milik UMKM di Banten menembus pasar internasional, seperti penyelenggaran Karya Kreatif Banten (KKB) 2020,” pungkas Purwanto. (Raden)