BI Banten: Digitalisasi Jadi Kunci Pemulihan Ekonomi

16
Kepala Kantor Perwakilan Bank Indonesia (Kpw BI) Povinsi Banten Erwin Soerjadimadja usai diwawancarai dalam agenda FEKDI 2021. FOTO/RADEN WARNA/EKBISBANTEN.COM

SERANG, EKBISBANTEN.COM – Kepala Kantor Perwakilan Bank Indonesia (Kpw BI) Povinsi Banten Erwin Soerjadimadja mengatakan, digitalisasi sangat dibutuhkan untuk proses pemulihan ekonomi di provinsi Banten. Tujuaya supaya transparansi keuangan dapat dilakukan dan Pendapatan Asli Daerah (PAD) bisa terserap lebih maksimal.

“Dengan adanya digitalisasi kami berupaya mengembangkan semangat inovasi, dan inovasi itu bisa tumbuh sehat dan ekonomi tumbuh positif,” kata Erwin usai mengikuti agenda Festival Ekonomi Keuangan Digital Indonesia (FEKDI) Tahun 2021 secara virtual di kantor BI Banten, Senin (5/4).

Dikatakan Erwin, salah satu tahapan yang sudah BI Banten lakukan yaitu, membentuk Tim Percepatan dan Perluasan Digitalisasi Daerah (TP2DD) di kabupaten dan kota Provinsi Banten.

“Sekarang TP2DD sudah ada di Pemprov Banten, Kota Serang, Kabupaten Lebak, Kota Tangerang dan Tangerang Selatan, untuk daerah lain masih kita siapkan, ada tahapan lain yang akan dilakukan,” ujar Erwin.

“Dalam prakteknya TP2DD ini mencakup keterlibatan bagaimana regulator, industri dan pihak lainnya didalam menumbuhkan ekonomi digital bisa bersinergi,” sambung Erwin.

Masih kata Erwin untuk tahun 2021 ini, BI akan fokus memperluas retribusi pembayaran seperti memperluas cakupan dan kanal layanan pembayaran digital antara lain melalui Quick Response Code Indonesian Standard (QRIS).

“Tujuan adanya TP2DD ini yaitu, integrasi sistem yang eksisting dengan sistem yang lainya, dan mampu meberikan penilaian kedewasaan terhadap elektronifikasi pemerintah daerah,” tutup Erwin. (Raden)