BI Banten Bersama Pemkab Pandeglang Jalin Kerjasama Bangun Ekonomi Daerah

81
SINERGI KUAT: Bupati Pandeglang Irna Narulita (kiri) bersama Kepala Kantor Perwakilan Bank Indonesia (BI) Provinsi Banten Erwin Soeriadimadja usai mengadakan agenda Sarasehan Ketahanan Pangan. (Foto/Pemkab Pandeglang)

PANDEGLANG, EKBISBANTEN.COM – Kantor Perwakilan Bank Indonesia (KPw BI) Provinsi Banten bersama Pemkab Pandeglang jalin kerjasama dalam upaya membangun ketahanan pangan dan pengembangan ekonomi daerah.

Kepala Kantor Perwakilan Bank Indonesia (BI) Provinsi Banten Erwin Soeriadimadja mengatakan, dalam mendukung pengendalian inflasi di Provinsi Banten termasuk di Kabupaten Pandeglang, optimalisasi sektor pertanian merupakan sektor yang cukup resilien ditengah-tengah pandemi saat ini tentu saja harus didorong.

“Guna mencapai ketahanan pangan yakni mencakup ketersediaan pangan, aksebilitas pangan dan utilisasi pangan,“ kata Erwin dalam acara Sarasehan Ketahanan Pangan yang bersama Bupati Pandeglang Irna Narulita di Ruang Garuda, Rabu (11/2).

Lebih lanjut Erwin mengatakan ada beberapa program yang diinisiasi Bank Indonesia Provinsi Banten untuk Kabupaten Pandeglang yakni pengembangan disektor pertanian dan UMKM,

“Kami telah mengembangkan produk unggulan holtikultura diantaranya cabai, bawang merah dan lain sebagainya semua dikelola oleh para kelompok tani di Pandeglang,“ ucap Erwin.

Ia menambahkan selain penguatan dari sisi ketahanan pangan, dukungan penguatan sistem ekonomi dan keuangan digital sangat penting untuk mendorong UMKM go digital.

“Melalui berbagai kegiatan business matching dalam meningkatkan produk unggulan Pandeglang ke pasar domestik dan luar negeri,“ ujarnya.

Sementara itu, Bupati Pandeglang Irna Narulita sangat mengapresiasi berbagai program yang diinisiasi oleh Bank Indonesia Provinsi Banten dalam ketahanan pangan dan pengembangan ekonomi daerah.

“Saya sangat mendukung sekali program ini, tentu saja program yang diluncurkan Bank Indonesia sangat bermanfaat bagi petani dan pelaku usaha di Kabupaten Pandeglang,“ kata Irna.

Menurut Irna, program ketahanan pangan dan pengembangan ekonomi daerah dalam masa pandemi Covid-19 saat ini sangat dibutuhkan, dimana para pelaku UMKM dan petani sedang kesulitan finansial saat ini.

“Dengan adanya program ini tentu saja memberikan semangat serta dapat membantu para pelaku usaha dan petani untuk kembali menjadi petani yang tangguh dan mandiri, guna meningkatkan kembali geliat ekonomi di Kabupaten Pandeglang khususnya bagi petani dan pelaku usaha, karena kita tahu bahwa produk pertanian Pandeglang menjadi komoditas unggulan,“ tuturnya.

Hal senada disampaikan, Asisten Staf Khusus Wakil Presiden Guntur Subagja, Ia menyampaikan apresiasi program ketahanan pangan dan pengembangan ekonomi daerah,

“Hal ini dalam rangka mengembangkan produk lokal Pandeglang yang bisa menjadi motor penggerak ekonomi daerah untuk kebangkitan pertanian di Kabupaten Pandeglang,“ kata Guntur. (*/Raden)