Berantas Calo Tenaga Kerja, Nasrul-Eki Bakal Gunakan Aplikasi Rekrutmen Online

140
Foto/Gambar Layar

SERANG, EKBISBANTEN.COM – Pasangan Calon (Paslon) Bupati dan Wakil Bupati Kabupaten Serang Nasrul-Eki menyatakan, akan menyiapkan aplikasi online dalam proses rekrutmen pekerja di Kabupaten Serang. Tujuannya untuk meminimalisir calo yang berkeliaran selama proses perekrutan berlangsung.

“Supaya itu tidak terjadi lagi (pungli), kami akan gunakan sistem aplikasi (online) di setiap industri di Kabupaten serang utamanya dalam proses rekrutmen pekerja,” kata Eki dalam Acara Debat Pertama Paslon Bupati dan Wakil Bupati Kabupaten Serang yang disiarkan melalui salah satu televisi swasta, Rabu (18/11) malam.

Eki mengatakan, keberadaan aplikasi online tersebut untuk menanggapi keluhan masyarakat Kabupaten Serang yang kesulitan dalam proses melamar kerja di pabrik yang mengharuskan melalui oknum calo.

“Masa mau kerja harus menyiapkan uang dulu, justru para pekerja ini bekerja supaya punya penghasilan, kedepan jika kami terpilih dipastikan tidak ada lagi kejadian (calo tenaga kerja) seperti ini,” jelas Eki.

Sementara itu, Paslon Tatu-Panji mengatakan, pihaknya sudah melakukan berbagai upaya guna menekan angka pengangguran di Kabupaten Serang.

“Kami sudah melakukan kerjasama dengan melibatkan para pelajar lewat pelatihan di industri tujuannya supaya ada penyerapan tenaga kerja. Hasilnya kami bisa menurunkan tingkat pengangguran dari 14 persen menjadi 10 persen,” pungkas Tatu. (Raden)