Begini Langkah Realme Hingga Bisa Raih 50 Juta Pengguna di Seluruh Dunia

70
Foto: Instagram @realmeindonesia

SERANG, EKBISBANTEN.COM – Realme telah dinobatkan sebagai “World’s Fastest Growing Smartphone Brand” oleh lembaga riset ternama Counterpoint untuk periode kuartal ketiga tahun 2020. Dalam laporan tersebut realme tercatat telah berhasil mengapalkan 14,8 juta unit smartphone dalam periode tersebut. Pencapaian ini menjadikannya pengisi posisi 7, di mana posisi 6 lainnya secara berurutan diisi oleh pemain yang sudah lebih lama dulu berkecimpung, seperti Vivo, Oppo, Apple, Xiaomi, Huawei, dan Samsung. Jadi jika dicari perbandingannya, bisa dikatakan pencapaian realme dalam mengapalkan 50 juta unit smartphone dalam sembilan kuartal menyamakan prestasi yang sama yang dilakukan Apple dalam waktu empat tahun.

Meski cepat bukan berati realme bisa mendapatkan pencapaian ini dengan santai. Ungkapan “usaha tidak membohongi hasil” mungkin menjadi kalimat yang tepat untuk menggambarkan usaha yang dijalankan sekelompok orang dari Tiongkok dengan misi besarnya kepada dunia.

Pada bulan April tahun 2018, Sky Li, yang sekarang menjadi CEO realme, bercakap dengan sebuah platform e-commerce di Tiongkok. Saat itu ia menemukan banyak pilihan smartphone yang ditawarkan di pasar, tidak hanya di pasar lokal Tiongkok tapi juga ditemukan kondisi yang sama saat Li bepergian ke berbagai negara. Namun tanggapan yang ia dapat dari pasar-pasar tersebut adalah masih banyak pengguna anak muda di tiap negara yang mengatakan mereka tidak puas saat membeli smartphone. Umumnya kelompok ini melakukan pembelian secara daring demi mendapatkan harga lebih murah, tapi saat menggunakan smartphone yang mereka beli, para penggunanya tidak merasa puas karena memiliki kualitas dan performa yang kurang baik.

Dari sini lah Li melihat potensi besar di celah pasar smartphone yang sudah padat. Li kemudian mengambil filosofi performa terdepan dengan desain yang trendi saat membuat realme. Ia juga menambahkan harga yang diberikan haruslah pantas karena produk-produk mereka nantinya akan ditargetkan ke pasar anak muda. Suatu tantangan besar yang harus dihadapi.

Berpikir berani dan bertindak cepat merupakan bagian dari karakter Sky Li. Dengan segera, tim pendiri realme dibentuk dengan hanya 10 orang dalam tim. Melalui usaha yang efektif, realme langsung ada di pasaran setelah 30 hari persiapan saja.