Sabtu, 20 Juli 2024
Search
Close this search box.
Search
Close this search box.

Bawaslu Banten Bakal Tindak Tegas Oknum yang Potong Dana Bimtek

Budi Man

| 3 Februari 2024

| 14:00 WIB

Panwascam saat mengikuti TOT yang diselenggarakan Bawaslu Banten di Kota Serang, Jumat (2/2/2024). Foto: Dokumentasi Bawaslu.

EKBISBANTEN.COM-Badan Pengawas Pemilihan Umum (Bawaslu) Provinsi Banten bakal menindak tegas bagi oknum yang suka memotong dana Bimtek. 

Hal itu diungkapkan Anggota Bawaslu Banten Kordiv SDMO Liah Culiah saat melenggarakan kegiatan Training Of Trainers (TOT) terhadap ratusan Ketua Panitia Pengawas Pemilu Kecamatan (Panwascam) se provinsi, pada Jumat (2/2/2024).

Dirinya mengingatkan kepada seluruh peserta yang hadir, agar memperhatikan dan memberikan hak yang harus diterima Pengawas Tempat Pemungutan Suara (PTPS) pada saat Bimtek sebagaimana sesuai ketentuan.

“Saya minta berikan secara penuh apa yang menjadi hak PTPS, dan jangan sampai ada pemotongan. Kalau sampai saya mendengar ada kejadian tersebut di Banten, sedikit apapun itu, saya akan bertindak tegas dan mengevaluasi langsung oknum yang melakukannya,”tegasnya saat pemaparan di Kota Serang.

Pada kesempatan itu, ia juga meminta kepada Panwascam agar segera melakukan memberikan penguatan, pengetahuan dan pemahaman PTPS. Hal itu ia minta, sebab Pemilu Serentak 2024 tinggal sebentar lagi.

“Ada dua kali lagi Bimtek PTPS, untuk itu saya minta teman-teman Panwascam agar segera menyelenggarakan (Bimtek), dan saya berharap di masa tenang nanti tidak lagi ada kegiatan Bimtek dan sejenisnya” ujarnya

Diungkapkan Liah, dari total 33.324 Pengawas TPS di Banten, sebanyak 2.714 diantaranya berusia 17-21 tahun. Usia tersebut, kata Liah, merupakan usia yang rawan intervensi.

”Tetap waspada,siapkan mental bekali pengetahuan, bekali alat kerja, Siwaslu, serta soal PSU dan ketentuan lainnya,” tutupnya.

Sementara itu, Anggota Bawaslu Banten Kordiv Humas dan Datin Sumantri meminta kepada seluruh jajaran Pengawas Pemilu untuk terus meningkatkan komunikasi dan koordinasi dengan seluruh jajaran.

Hal itu agar hubungan komunikasi antar seluruh pengawas dapat terus terbangun dengan baik.

“Tingkatkan koordinasi dan terus bangun komunikasi dengan seluruh jajaran, sehingga pelaksanaan tugas-tugas berjalan semakin kondusif dan lancar sehingga kerja-kerja pengawasan dapat mencapai hasil yang lebih baik lagi,” ujarnya pada saat menyampaikan arahan.

Sebagai informasi, kegiatan TOT Pengawas TPS Pemilu 2024 dihadiri oleh Plt. Kepala Sekretariat Bawaslu Banten, dan Kabag SDMO Bawaslu Banten. 

Serta menghadirkan narasumber Pengacara dan Dosen Hukum Tata Negara Mahyudin, Anggota Bawaslu Provinsi Banten Kordiv Pencegahan dan Parmas Ajat Munajat, serta menghadirkan juga narasumber dari Pengembang Siwaslu yaitu Managing Director KODE.web.id Arief Kurniawan yang menyampaikan materi terkait Penggunaan Aplikasi Siwaslu.

Editor :Rizal Fauzi

Bagikan Artikel

Terpopuler_______

Scroll to Top