Sabtu, 13 Juli 2024
Search
Close this search box.
Search
Close this search box.

Bapenda Kota Serang Temukan Lima Tapping Box Mati

and

| 16 April 2023

| 12:15 WIB

Bapenda Kota Serang
Kepala Bapenda Kota Serang, W Hari Pamungkas saat melakukan pengecekan. (FOTO: DOK. BAPENDA).

SERANG, EKBISBANTEN.COM – Badan Pendapatan Daerah (Bapenda) Kota Serang mengawasi penggunaan alat pemantau pajak atau dikenal tapping box yang terpasang di tempat hiburan dan resto.

Langkah ini dilakukan Bapenda Kota Serang, karena kerap menemukan perusahaan yang mematikan tapping box pada jam operasional.

Bahkan pada Jumat 14 April 2023, Bapenda Kota Serang mendatangi dan menemukan lima tapping box yang di tempat hiburan dan resto dalam keadaan mati atau tidak aktif.

Kelima tapping box enggak aktif berada di lima tempat yang berlokaso di Mall Of Serang. Kelimanya yaitu, Cinepolis, Timezone, Ichi Ban Resto, AW, Imperial Kitchen and Dimsum.

Kepala Bapenda Kota Serang W Hari Pamungkas mengatakan, pihaknya melakukan sidak berkaitan dengan Tapping Box yang telah terpasang di hiburan dan restoran.

“Hasil sidak kemarin, kami temukan, Ada lima tempat hiburan dan resto yang mematikan Tapping Box,” ujar Hari kepada wartawan, Minggu 16 April 2023.

Hari menjelaskan, untuk bioskop Cinepolis terakhir data yang terkoneksi ke Bapenda Kota Serang pada 5 April 2022. Sejak tapping box dimatikan pihaknya beberapa kali melakukan konfirmasi, baik bersurat, email dan menghubungi pihak IT Cinepolis.

Bapenda Kota Serang melakukan pendekatan persuasif, pihaknya tidak mendapatkan respon dari pihak Cinepolis.

Kata dia, Bapenda Kota Serang terakhir berkirim email ke pihak Cinepolis bulan Februari 2023. Terakhir pengiriman email dilakukan februari yang lalu

Ia menjelaskan, pihak Cinepolis tidak melakukan update data melalui Tipping Box, tetapi Cinepolis tetap mencatatkan secara manual.

“Data terakhir belum diupdate ke tapping bok, masih laporan manual tidak bisa di cek secara sistem. Pajaknya jalan terus rutin, cuma secara sistem belum update,” imbuhnya.

Sementara itu, untuk tempat hiburan Timezone beralasan matinya Tipping Box dikarenakan server Timezone sedang mengalami permasalahan teknis.

Timezone belum melakukan update data Tipping Box sejak 1 April 2023. Pihak Timezone tetap membayar pajak dengan semestinya.

“Sistem penjualan belum ada update, server drop. Pajak bejalan dengan semestinya,” katanya.

Hari mengungkapkan, Steker Listrik Tapping box Ichi Ban Resto saat dicek dilokasi dalam kondisi tercabut. Selain itu, pihak Ichi Ban Resto beralasan bahwa koneksi internet Ichi Ban Resto sedang bermasalah.

“Bermasalah di koneksi internet dan colokan dicabut secara tidak sengaja,” katanya.

Kata dia, pencabutan Steker Listrik yang dilakukan dengan sengaja dilakukan pihak resto merupakan salah satu pelanggaran hukum. Lanjutnya, Tapping box Ichi Ban Resto terputus sejak 3 April 2022.

Ia juga mengatakan untuk Tapping box resto AW tidak terhubung dengan aliran listrik karena digunakan oleh staf untuk mengisi daya handphone.

“Aliran listrik terputus Tapping Box AW Restoran Khas Amerika MOS, alasan pihak AW dikarenakan stop kontak listrik digunakan untuk mengisi daya Handphone,” tuturnya.

Sementara itu, Tapping restoran Imperial Kitchen and Dimsum bermasalah karena pihak resto melakukan mantinance printer. Tapi, tanpa disengaja oleh IT restoran Imperial Kitchen and Dimsum telah memutus koneksi Tapping box.

Hari mengungkapkan, sampai saat ini pihaknya telah memasang sebanyak 50 Tipping box di Kota Serang yang terdiri dari Resto, Hotel, Tempat Hiburan dan parkir.(*)

Editor :Rizal Fauzi

Bagikan Artikel

Terpopuler_______

Scroll to Top