Bapenda Adakan Pekan ASN Taat Pajak

70

Ciputat – Badan Pendapatan Daerah (Bapenda) melaksanakan kegiatan Pekan ASN taat pajak PBB yang berlokasi di Pusat Pemerintahan Kota Tangerang Selatan (Tangsel), kemarin.

Kepala Bidang Pajak Daerah 1 Bapenda Tangsel Indri Sari mengungkapkan, tujuan kegiatan ini adalah menagih PBB kepada para ASN yang memiliki properti tanah dan atau Bangunan yang merupakan objek Pajak PBB.

“Kami terus melakukan program dan kegiatan yang berdampak langsung pada meningkatkan kesadaran wajib pajak, indikatornya adalah kami harus berhasil menagih piutang PBB, target kami terhadap penagihan piutang terus bertambah, tahun 2014 kami menerima pembayaran piutang atau tunggakan PBB sebesar Rp15 M, kemudian 2015 sebesar Rp 25 M, 2016 sekitar Rp 35 M, 2017 mendapatkan Rp 50 M, 2018 berhasil menagih Rp 57 Milyar. Itu penerimaan dari tunggakan PBB Tahun-tahun sebelumnya,” ungkap Kepala Bidang Pajak Daerah 1 Bapenda Tangsel Indri Sari melalui laman resmi Kota Tangerang Selatan.

Beberapa penyebab masyarakat tidak membayar pajak bermacam-macam, salah satunya tidak mendapatkan atau susah memperoleh SPPT PBB.
“Solusi untuk masalah ini kami membuat Inovasi SIMPPEL (Elektronik SPPT), ada yang beralasan tempat bayar PBB susah dan jauh, sekarang bayar PBB selain melalui Bank dan mesin ATM bayar PBB bisa pakai HP melalui e-banking bjb/mandiri dan klik juga bisa melalui Toko Retail Indomaret dan melalui Online Tokopedia,” katanya.

Kemudian lanjut dia, ada yang beralasan waktunya sempit buat bayar PBB dan mendapatkan SPPT PBB. Untuk masalah ini Pemkot melakukan kegiatan PENYULING (Penyuluhan Keliling) PBB, PENTUNGAN (Penagihan Tunggakan) PBB , PESAMI (Pelayanan Sabtu Minggu) PBB dan MOKEL (Mobil Pelayanan Keliling) PBB dimana dengan kegiatan-kegiatan tersebut masyarakat dapat melakukan pembayaran, mendapatkan SPPT PBB dan melakukan permohonan pelayanan pembetulan, pemecahan dan penerbitan PBB di wilayah dimana wajib pajak tinggal.

“Harapan kami dengan kegiatan-kegiatan tersebut kami dapat memberikan pelayanan yang lebih mudah dan transparan kepada wajib pajak dan meningkatkan penerimanaan serta meningkatkan kesadaran wajib pajak.”singkatnya.

Pada Pekan ASN Taat Pajak yang dilaksanakan ada sekitar 200 ASN yang membayar PBB diloket ASN Taat Pajak PBB .(red/fikram)