Bantu Pelaku Usaha, Himapi Untirta Gagas Rumah Produksi di Kasemen Banten

159
Foto Himapi Untirta

SERANG, EKBISBANTEN.COM – Puluhan mahasiswa yang tergabung dalam Himpunan Mahasiswa Perikanan (Himapi) Universitas Sultan Ageng Tirtayasa (Untirta) meresmikan rumah produksi sebagai upaya mendorong pelaku usaha di di Rumah Kupas Kerang Hijau, Kampung Tanggul Jaya, Kelurahan Banten, Kecamatan Kasemen, Kota Serang, Banten, lebih produktif dan mampu memasarkan produk secara meluas.

Kepala Laboratorium Teknologi Pengolahan Hasil Perikanan Untirta Rifki Prayoga Aditia mengatakan, selain peresmian rumah produksi Himapi juga melakukan kegiatan pelatihan packaging dan pemasaran bagi masyarakat Kasemen.

“Kegiatan ini merupakan program yang di usung oleh TIM Program Holistik Pembinaan dan Pemberdayaan Desa (PHP2D) Himpunan Mahasiswa Perikanan (Himapi) Untirta,” kata Rifki secara tertulis, Selasa (17/11).

Rifki juga menuturkan, dalam pemasaran harus mempunyai identitas produk. Yang pertama ialah memperhatikan kemasan yang terbagi menjadi duavyakni primer dan juga sekunder.

“Kemasan sekunder itu merupakan lapisan kedua dan primer adalah kemasan luar, lalu kemasan tersier yaitu untuk menampung lebih besar lagi, kemudian menambahkan, Saat menjadi produsen kita harus pintar-pintar dalam pemberian kemasan untuk produk,” jelasnya.

Sementara itu Ketua RW Kelurahan Banten Hadi Hawasi mengatakan, ucapan terimakasih karena dengan adanya kegiatan dari mahasiswa para nelayan maupun masyarakat bisa meningkatkan pengetahuan dalam hal pemasaran produk.

“Dengan adanya kegiatan ini, masyarakat mengharapkan agar dapat tetap berkelanjutan dan dapat membantu sedikit perekonomian warga,” pungkas Hadi. (*/Raden)